Komnas HAM Sudah Kantongi Lokasi Meninggal Brigadir J, Usut Pistol Glock 17 Bharada E, Ini Spesifikasinya

Komnas HAM Sudah Kantongi Lokasi Meninggal Brigadir J, Usut Pistol Glock 17  Bharada E, Ini Spesifikasinya

RADAR PALEMBANG – Ini perkembangan terbaru atas tragedi di rumah   Irjen Pol Ferdy Sambo. Komisi Nasional Hak Azasi Manusia ( Komnas HAM)  telah kantongi lokasi meningal Brigadir J  dan akan segera mengusut senjata Glok 17 Bharada E.

Menurut Komisioner Komnas HAM, Choirul Anam,  pihaknya telah mendapatkan waktu dan lokasi meninggal Brigadir J secara spesifik. Hanya saja dia belum bisa menyampaikan karena menunggu hasil autopsi ulang.

"Kesimpulannya nanti waktu dan lokasi meninggalnya Brigadir J enggak bisa diumumkan sekarang," imbuhnya,’’ujar Choirul Anam kepada wartawan di Komnas HAM, Senin 25 Juli 2022.

Dari hasil penyelidikan tersebut, luka-luka yang ada di tubuh Brigadir J bisa menjadi bukti  kepastian waktu dan tempat meninggal Brigadir J. Sebelumnya pihak kepolisian menyebut Brigadir J meninggal di Rumah Irjen Pol Ferdy Sambo setelah terjadi tembak menembak dengan Bharada E.

BACA JUGA:Pakar Psikologi Forensik Soal Pelecehan Istri Ferdy Sambo, Reza Indragiri: Tak Lazim!

Polisi bahkan menyebut, latar belakang tembak-menembak itu  karena Brigadir J melakukan pelecehan terhadap Putri Chandrawati, Istri Ferdy Sambo.

"Kami punya informasi yang rigid. Kami juga punya informasi yang lain soal karakter dasar kronologi peristiwa ini.  Kami punya waktu yang semakin rigid waktu dan lokasi meninggal Brigadir J.  Dimana kemungkinan besar meninggalnya. Itu yang penting," papar Choirul Anam.

Untuk memperkuat bukti-bukti tentang lokasi meninggal Brigadir J,   Komnas HAM juga akan mengusut pistol glock 17 Bharada E yang dia gunakan saat tembak-menembak di Rumah Jendral Ferdy Sambo . Tidk hanya itu, Komnas juga akan mengusut senjata HS-9  yang dipakai Brigadir J.

Choirul Anam menyebut akan menyelidiki penggunaan senjata Bharada E dan Brigadir J dengan memanggil Laboratorium Forensik (Labfor) Polri

BACA JUGA:Kejanggalan Tewasnya Brigadir J Terus Terungkap, Kadiv Humas Polri: Pengacara Jangan Berspekulasi

"(Terkait) senjata, karakter senjata, bubuk, dan sebagainya, kami akan panggil Labfor dalam minggu ini. Kami akan sibuk di Komnas HAM," ungkapnya.

Menurut Anam, Komnas HAM akan meminta keterangan dari Labfor perihal proyektil senjata. Pihaknya juga nanti akan meminta keterangan Cyber Polri guna menyelidiki temuan CCTV di sekitar rumah dinas Ferdy Sambo.

"Nanti Labfor untuk mengecek penggunaan senjata, karakter senjata adakah proyektil bagaimana jejak proyektil nanti kami panggil Labfor untuk balistik. Bagaimana soal CCTV, setelah ini kami akan ke sana. Kami akan memanggil Cyber kalau soal CCTV," tuturnya.

Keterangan resmi Polri menyebut  Bharada E menggunakan pistol Glock 17 untuk menembak Brigadir J.  Ini membuat pertanyaan publik, karena biasanya pistol itu pemakainya adalah para perwira berpangkat kapten ke atas.

Dalam ketentuan resmi, tidak ada Prajurit Tamtama yang memakai pistol Glock 17.

BACA JUGA:Susno Duadji Soal Visum Brigadir J, Kayak Orang Main Dokter-dokteran Praktik Forensik-forensikan, Periksa!

Mengutip dari JPNN, nama pistol Glock 17 diambil dari nama seorang insinyur asal Austria, Gaston Glock. Dia adalah pendiri Glock Ins . Produk yang dia produksi berupa pistol glock 17 telah Dia daftarkan  ke US Patent Office pada 30 April 1981.

Menukil dari laman resmi Glock menyebut senjata api berkaliber 9 x 19 milimeter itu dirancang untuk pengguna profesional.

Pistol dengan Kapasitas pistol  glock 17 memiliki kapasitas maksimal 17 peluru itu.  Jenis pistol ini, pemakainya banyak para penegak hukum dan militer karena keandalannya yang nirtanding.

Dalam kondisi kosong tanpa magasin, pistol yang memiliki panjang total 204 milimeter itu punya bobot 625 gram.

Saat magasin penuh peluru terpasang, Glock 17 memiliki berat kurang dari sekilo, tepatnya 915 gram. Adapun berat pistol Glock 17 dengan magasin kosong ialah 705 gram.

BACA JUGA:Ternyata Seperti Ini Kedekatan Brigadir J sama Istri Ferdy Sambo , 2,5 Tahun Jadi Sopir Putri Chandrawati

Meski ringan, Glock 17 dikenal aman, mudah, dan cepat digunakan. "Persis yang Anda butuhkan dalam situasi kritis," tulis Glock Inc di laman resminya.

Berapakah harga Glock? Laman guns.com membanderol Glock 17 yang masih gres dengan harga USD 599 atau sekitar Rp 9 juta.

Beberapa negara, seperti Inggris, Swedia, India, Israel, dan Yaman, membekali angkatan bersenjata mereka dengan Glock 17.

"Glock 17 melengkapi puluhan tentara dan ratusan polisi di seluruh dunia," tulis laman The National Interest.

Menukil dari Wikipedia, Glock 17 merupakan pistol semi otomatis. Julukan senjatan ini dalam bahasa Inggris  Safe Action Pistol. Glock 17 ini adalah generasi pertama pistol Glock berbahan polymer ringan.

BACA JUGA:Komnas Perempuan Ungkap Kondisi Terkini Istri Jendral Sambo, Putri Chandrawati Terus Menangis

Pistol Glock 17 saat ini menguasai pangsa pasar 16 % untuk penegak hukum di Amerika Serikat.  Pada awal-awal bari diproduksi, pistol ini  tak diminati pasar dan dianggap bermasalah dengan kehandalan dan tahan karena terbuat dari bahan polimer ringan. Glock 17 dianggap pistol plastik.

Mekanisme pengoperasian pistol Glock 17 adalah pistol semi otomatis rekoil pendek dengan menggunakan peluru kaliber 9 mm.

Pistol ini menggunakan sistem cam-lock milik Browning yang dimodifikasi dari pistol berkekuatan tinggi. Mekanisme penguncian pistol Glock 17 ini memanfaatkan per barel, dengan sebuah pengunci loading peluru persegi panjang ke port ejeksi dalam slide.

Selama tekanan rekoil mundur, laras yang ikut bergerak ke belakang awalnya terkunci bersamaan dengan slide sekitar 3 mm hingga peluru meninggalkan laras (ditembakan) dan tekanan ruang chamber kembali turun ke tingkat yang aman.

Sebuah mekanisme penggenjot dibawah laras yang berinteraksi dengan sitem penguncian yang ada pada rangka pistol, memaksa laras berpisah dari slide.

Hal ini memaksa laras terhenti didepan sementara slide kembali mundur dan membuang selonsong peluru akibat hentakan rekoil. Maju mundurnya slide dan daur anti rekoil ini adalah karakteristik sitem Browning. (yui/dnn)

Sumber: