Kemiri Sering Digunakan Dalam Pengobatan Tradisional, Ternyata Ampuh Mengatasi Penyakit Jantung Hingga Diabete

Jumat 05-01-2024,05:30 WIB
Reporter : Yorika Izati
Editor : Maulana Muhammad

Proses pencernaan yang efisien membantu makanan dipecah dengan lebih baik, memungkinkan penyerapan nutrisi yang lebih baik juga oleh tubuh.

6. Perawatan Kulit

Minyak kemiri yang diekstrak dari biji kemiri sering digunakan dalam produk perawatan kulit karena mengandung sifat-sifat yang bermanfaat untuk kesehatan kulit. 

Dimana minyak kemiri sendiri memiliki kandungan lemak sehat, termasuk asam oleat dan linoleat, yang berperan sebagai pelembap alami untuk kulit. 

Lemak-lemak ini akan menjaga kelembapan kulit dengan membentuk lapisan pelindung, mencegah kehilangan air, dan menjaga kulit tetap lembut dan halus.

Vitamin E sejenis antioksidan pada minyak kemiri juga akan melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas. 

Kandungan pelembap dalam minyak kemiri menjadikannya pilihan yang baik untuk mengatasi masalah kulit kering, kasar, atau pecah-pecah.

Minyak ini dapat memperbaiki dan meremajakan lapisan kulit, memberikan tampilan yang lebih sehat dan terawat.

BACA JUGA:Turunkan Kadar Gula Dengan Biji Mahoni, Jadi Obat Alternatif Diabetes Tipe 2

7. Antioksidan untuk Rambut

Penggunaan minyak kemiri pada rambut dapat memberikan berbagai manfaat, terutama melalui kandungan antioksidannya. 

Kandungan  antioksidan terutama vitamin E-nya ini dapat melawan radikal bebas yang merusak sel-sel rambut dan menyebabkan kerusakan struktural. 

Radikal bebas, yang dapat dihasilkan oleh paparan sinar UV, polusi, atau proses kimia dalam produk perawatan rambut, dapat menyebabkan kerusakan pada batang rambut dan akar. 

Minyak kemiri membantu membentuk lapisan pelindung di sekitar setiap helai rambut, membantu mencegah kerusakan akibat faktor eksternal.

Lemak sehatnya juga memberikan kelembapan tambahan pada rambut yang membantu mengatasi masalah rambut kering dan menjaga rambut tetap lembut dan mudah diatur. 

Penggunaan minyak kemiri sebagai bahan kondisioner alami dapat membuat rambut lebih mudah disisir dan mengurangi risiko patah.

Kategori :