Tak Senikmat Rasanya, Konsumsi Makanan Ringan Kemasan Punya Dampak Buruk Bagi Kesehatan

Minggu 24-09-2023,06:00 WIB
Reporter : Maulana Muhammad
Editor : Maulana Muhammad

PALEMBANG, RADARPALEMBANG.COM - Berikut ini dampak buruk bagi keseahtan jika terlalu sering mengkonsumsi makanan ringan kemasan.

Makana ringan dalam kemasan sunggu mempunyai rasa yang nikmat dan selalu menggoda bagi kita untuk mencoba dan mengkonsumsinya.

Namun ternyata dibali rasa yang nikmat tersebut tersimpan  beberapa bahaya buruk bagi kesehata apabila terlalu sering dikonsumsi.

Bukan tampa sebab, diketahi memang kalau makanan ringan dalam kemasan ini mengandung kalori, lemak, garam, dan gula yang cukup tinggi.

BACA JUGA:Waspada! Kulit Belang Saat Musim Panas, Ini Solusi Efektif Mengatasinya

Hal itu karena pada prosesnya, makanan ringan kemasan biasanya akan ditambahkan garam, gula, lemak, dan zat aditif seperti pewarna, MSG, maupun pengawet, agar rasanya lebih enak dan tampilannya lebih menarik.

Proses pengolahan yang panjang dan penambahan zat tertentu membuat makanan ringan kemasan menjadi minim nutrisi dan tinggi kalori.

Makanya, walau buah atau sayur kaya gizi dan rendah kalori, nutrisinya bisa berkurang dan menjadi tinggi kalori jika sudah diolah menjadi keripik kemasan.

Sebenarnya, kalau dikonsumsi sesekali dan dalam jumlah yang sedikit, makanan ringan kemasan tidak berpengaruh signifikan terhadap kesehatan tubuh.

BACA JUGA:Waspada! Ternyata Polusi Juga Berbahaya Bagi Kulit Bukan Hanya Pernafasan, Ini Cara Mencegahnya

Sayangnya, rasa gurih dan manis yang ditawarkan oleh makanan ringan kemasan bisa menimbulkan “ketagihan”, sehingga membuatmu ingin mengonsumsinya lagi dan lagi.

Akibatnya, asupan kalori makin tinggi, begitu pun dengan asupan garam, gula, lemak, dan bahan kimia tambahan.

Dalam jangka panjang, konsumsi makanan ringan kemasan yang terlalu banyak dan terlalu sering bisa menimbulkan berbagai gangguan kesehatan, seperti obesitas, penyakit kardiovaskuler, diabetes, bahkan depresi.

Penyakit Akibat Terlalu Sering Mengonsumsi Makanan Ringan Kemasan

Berikut ini adalah beragam bahaya yang mungkin muncul dari mengonsumsi makanan ringan kemasan terlalu sering:

Kategori :