Satu Warga Palembang Diduga Terjangkit Cacar Monyet, Pemprov Sumsel Minta Kabupaten-Kota Waspada

Satu Warga Palembang Diduga Terjangkit Cacar Monyet, Pemprov Sumsel Minta Kabupaten-Kota Waspada

Pemprov Sumsel meminta seluruh kabupaten-kota untuk waspada usai seorang warga di Palembang diduga terjangkit cacar monyet atau monkey pox (Mpox)--

"Kemudian memantau, melaporkan dan memastikan kasus sesuai dengan definisi operasional pedoman kepada Dirjen P2P melalui laporan Event Based Surveillance (EBS) di aplikasi SKDR dan PHEOC di nomor 0877-7759-1097. Data wajib di entri ke dalam aplikasi All Record TC-19 pada menu pencatatan Mpox," ungkapnya.

BACA JUGA:Ditinggal Suami Merantau, Istri di Palembang Selingkuh Hingga Hamil dan Jual Bayi, Berujung Laporan Polisi

BACA JUGA:Aprizal Hasyim Resmi Jabat Pj Sekda Kota Palembang per 1 Agustus 2024

Dinkes daerah diminta berkoordinasi dengan laboratorium kesehatan daerah jika ada temuan yang kemudian mengirimkan spesimen kasus ke laboratorium Kesmas di regional yang bisa melakukan pemeriksaan dan memiliki ketersediaan reagen.

"Jika ada penemuan kasus suspek, probable, atau konfirmasi dari Fasyankes dengan melakukan investigasi dalam 1x24 jam termasuk pelacakan kontak erat," ungkapnya.

Pihaknya juga meminta Dinkes di daerah berkoordinasi dengan instansi yang membidangi fungsi kesehatan hewan dan satwa liar di wilayahnya termasuk dalam penilaian risiko.

Terkait temuan kasus, dia menyebut di Sumsel belum ada laporan warga yang terdampak Mpox.

"Insya Allah belum ada, jangan sampai," pungkasnya.

 

Sumber: