6 Tuntutan Driver Ojol yang Demo di Instana Merdeka Hari Ini, Bukan Cuma Soal Potongan Tarif

6 Tuntutan Driver Ojol yang Demo di Instana Merdeka Hari Ini, Bukan Cuma Soal Potongan Tarif

Bukan cuma soal potongan tarif, berikut 6 tuntutan driver ojek online (Ojol) yang melakukan aksi demo di depan Istana Merdeka--

JAKARTA, RADARPALEMBANG.ID - Bukan cuma soal potongan tarif, berikut 6 tuntutan driver ojek online (Ojol) yang melakukan aksi demo di depan Istana Merdeka.

Ribuan pengemudi atau dirver ojol se-Jabodetabek menggelar aksi demonstrasi di depan Instana Merdeka pada hari ini, Kamis, 29 Agustus 2024.

Bukan hanya rencananya para driver ojol tersebut juga kompak melakukan Offbid atau mematikan aplikasi secara massal, baik mereka yang mengikuti aksi maupun yang tidak.

Adapun yang menjadi tuntutan para driver ojol ini adalah mengenai  potongan tarif, dimana seperti diketahui saat ini potongan yang dibebankan kepada mitra driver mencapai 20 persen hingga 30 persen.

BACA JUGA:Driver Ojol Se-Jabodetabek Kompak Offbid Massal, Gelar Demo di Istana Merdeka

BACA JUGA:Viral, Siswi SMA Order Ojol Malah Dijambret dan Dianiaya Drivernya, Ini Kronologinya

Namun ternyata selain persoalan potongan tarif yang diberlakukan oleh pihak aplikasi ada 6 poin tuntutan lain yang disuarakan oleh para driver ojol tersebut.

Para driver Ojol kali ini juga menuntut revisi atau penambahan pasal dari peraturan kominfo no 01/2012 tentang formula tarif layanan pos komersial, sebagai berikut:

  1. Revisi dan penambahan pasal Permenkominfo No 1 tahun 2012 tentang formula tarif layanan pos komersial untuk mitra ojek online dan kurir online di Indonesia.
  2. Kominfo wajib mengevaluasi dan memonitoring segala bentuk kegiatan bisnis dan program aplikator yang dianggap mengandung unsur ketidak adilan terhadap mitra pengemudi ojek online dan kurir online di Indonesia.
  3. Hapus program layanan tarif hemat untuk pengantaran barang dan makanan pada semua aplikator yang dinilai.tidak manusiawi dan memberi rasa ketidak adilan terhadap mitra driver ojek online dan kurir online.
  4. Penyeragaman tarif layanan pengantaran barang dan makanan di semua aplikator.
  5. Tolak promosi aplikator yang dibebankan kepada pendapatan mitra driver
  6. Legalkan ojek online di Indonesia dengan membuat Surat Keputusan Bersama (SKB) beberapa kementerian terkait yang membawahi ojek online sebagai angkutan sewa khusus.

BACA JUGA:3 Motor Ojol Diderek Dishub Palembang, Jadi Biang Kemacetan Depan PTC Mal

BACA JUGA:Viral! Willie Salim Beri Hadiah Rumah Untuk Ojol Lansia 70 Tahun

1.784 Aparat Amankan Demo Ojol Se-Jabodetabek 

1.784 aparat gabungan yang terdiri dari TNI dan Polri disiagakan guna mengamankan kawasan Ring Satu dekat Istana Merdeka saat demo ojol Se-Jabodetabek berlangsung.

"Untuk pengamanan aksi komunitas ojek online (ojol) dan kurir se-Jabodetabek, di bundaran Patung Kuda Monas dan sekitarnya, kami melibatkan personel gabungan," kata Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Polisi Susatyo Purnomo Condro, Kamis, 29 Agustus 2024.

Personel aparat keamanan tersebut ditempatkan di sejumlah titik sekitar bundaran Patung Kuda Monas hingga depan Istana Merdeka.

Sumber: