HUT RI ke-79, Spirit Pekerja Kilang Pertamina Plaju Jaga Keandalan Energi di Hari Kemerdekaan

HUT RI ke-79, Spirit Pekerja Kilang Pertamina Plaju Jaga Keandalan Energi di Hari Kemerdekaan

Para perwira (Pertamina Wira) tetap semangat mengoperasikan kilang, mengolah energi yang menjadi tulang punggung bagi ketahanan energi nasional saat HUT RI ke-79.-Kilang Pertamina Plaju -

Tema ini berasal dari semangat yang sama untuk menyatukan energi dan serentak bergerak untuk mewujudkan ketahanan energi yang dapat menyokong kemajuan bangsa.

BACA JUGA:Hari Pers Nasional 2024, Kilang Pertamina Plaju Apresiasi Peran Aktif Jurnalis Edukasi Khalayak Soal Migas

BACA JUGA:Hari Pers Nasional 2024, Kilang Pertamina Plaju Apresiasi Peran Aktif Jurnalis Edukasi Khalayak Soal Migas

Pada saat yang sama, Kilang Pertamina Plaju juga turut berkontribusi dalam peningkatan portofolio energi hijau, dimana kilang ini selain memproduksi BBM ramah lingkungan, juga terus berupaya menurunkan emisi dalam proses operasional dan bisnisnya.

Pada awal tahun 2023, Kilang Pertamina Plaju menerima mandat dari pemerintah untuk memproduksi Biosolar B35, sebuah bahan bakar nabati (BBN) berbasis minyak kelapa sawit. 

Produk ini terdiri dari 35 persen Fatty Acid Methyl Esters (FAME), yang merupakan turunan dari Crude Palm Oil (CPO), sementara sisanya, sebanyak 65 persen, adalah BBM jenis solar.

Untuk mendukung operasional yang lebih ramah lingkungan, perusahaan telah memasang Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) dengan kapasitas sebesar 2,25 Mega Wattpeak (MWp). 

BACA JUGA:Momen K3 Nasional, Kilang Pertamina Plaju Terus Gelorakan Semangat Budaya HSSE

BACA JUGA:Cegah DBD, Kilang Pertamina Plaju Semprot Fogging di Desa Sungai Rebo

Selain itu, Solar Cell juga telah diinstalasi untuk menghasilkan energi listrik sebesar 3.000 Wp, yang digunakan untuk kebutuhan operasional perkantoran di Plaju.

Kilang Pertamina Plaju tidak hanya berfokus pada keberlanjutan proses bisnisnya, tetapi juga berperan aktif dalam mendorong agenda transisi energi bersih di kalangan masyarakat. 

Melalui berbagai program Corporate Social Responsibility (CSR) atau Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL), perusahaan mengajak masyarakat untuk memanfaatkan sumber daya alam sebagai sumber energi.

Salah satu contoh adalah program Desa Energi Berdikari yang dilaksanakan di Kabupaten Muara Enim dan Lahat. 

BACA JUGA:Ketiga Kalinya, Kilang Pertamina Plaju Ajak Mahasiswa Sumbagsel Tingkatkan Kelas UMKM Binaan Perusahaan

BACA JUGA:Beroperasi 12 Juta Jam Kerja Aman Sepanjang 2023, Kilang Pertamina Plaju Utamakan Keselamatan Kerja

Sumber: