Ketiga Kalinya, Kilang Pertamina Plaju Ajak Mahasiswa Sumbagsel Tingkatkan Kelas UMKM Binaan Perusahaan

Ketiga Kalinya, Kilang Pertamina Plaju Ajak Mahasiswa Sumbagsel Tingkatkan Kelas UMKM Binaan Perusahaan

Small Medium Enterprise Empowerment Competition (SMEEC) yang pada 2024 ini diselenggarakan ketiga kalinya sejak 2021 lalu, dengan mengusung tema Embracing Innovations for Sustainable Growth. --

PALEMBANG, RADARPALEMBANG.COM - Kilang Pertamina Plaju terus mendorong UMKM binaannya untuk maju dan berdaya. 

Sebagai bentuk tanggung jawab sosial dan lingkungan (TJSL), perusahaan pengolahan migas dan petrokimia di Kota Palembang ini menginginkan kemajuan bukan hanya untuk perusahaan, namun juga ingin memberi dampak bagi komunitas sekitar, termasuk pelaku UMKM.

Salah satu bentuk dukungan itu dengan pergelaran Small Medium Enterprise Empowerment Competition (SMEEC) yang pada 2024 ini diselenggarakan ketiga kalinya sejak 2021 lalu, dengan mengusung tema Embracing Innovations for Sustainable Growth. 

Lewat kompetisi ini, Kilang Pertamina Plaju mengajak mahasiswa dari seluruh Sumatera Bagian Selatan (Sumbagsel) berkolaborasi dalam pendampingan delapan UMKM binaan. 

BACA JUGA:Beroperasi 12 Juta Jam Kerja Aman Sepanjang 2023, Kilang Pertamina Plaju Utamakan Keselamatan Kerja

Adapun kampus asal peserta yang terpilih mengikuti kompetisi ini yakni Universitas Sriwijaya, Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Fatah, Universitas Bengkulu, dan Universitas Kader Bangsa (UKB) Palembang.

Kompetisi ini semakin disambut antusias mahasiswa. Terbukti, sebanyak 118 tim mahasiswa dari berbagai kampus di Sumbagsel mendaftarkan diri di ajang 3rd SMEEC, sebelum akhirnya mengerucut menjadi 8 (delapan) tim usai melalui rangkaian seleksi awal yang melihat ketajaman analisis SWOT peserta terhadap UMKM yang akan dibinanya.

Mahasiswa Rasakan Langsung Pengalaman Berbisnis

Area Manager Communication, Relations and CSR Kilang Pertamina Plaju, Siti Rachmi Indahsari mengatakan, pihaknya sangat mendorong pengembangan UMKM binaan melalui kreativitas anak muda yang mampu menangkap tren modernisasi dan digitalisasi.

BACA JUGA:Kilang Pertamina Plaju Produksi 42 Ribu Ton Lebih Biji Plastik Berkualitas Tinggi Sepanjang 2023

"Tentunya teman-teman mahasiswa akan mendapat pengalaman berharga, terjun langsung ke pelaku usaha, jeli melihat potensi yang bisa dikembangkan agar menjadi usaha yang naik kelas," tutur Rachmi.

Delapan UMKM di  kecamatan Plaju dan Banyuasin I, yang akan dibina itu diharapkan berkembang dan ditingkatkan levelnya baik dari segi operasional bisnisnya yang lebih modern, jangkauan pemasaran yang lebih luas hingga peningkatan omzet dan laba yang signifikan.

Pemerintah Kecamatan Plaju yang diwakili Lurah Plaju Ilir, Amancik mengatakan, pemerintah amat berterimakasih atas hadirnya program kreatif yang memberdayakan masyarakat pelaku usaha di Kecamatan Plaju.

"Atas nama Kecamatan Plaju, kami ucapkan terima kasih sebesar besarnya kepada Kilang Pertamina Plaju yang selama ini begitu banyak mendukung UMKM kita terutama di Kecamatan Plaju," kata Amancik.

Sumber: