Beroperasi 12 Juta Jam Kerja Aman Sepanjang 2023, Kilang Pertamina Plaju Utamakan Keselamatan Kerja

Beroperasi  12 Juta Jam Kerja Aman Sepanjang 2023, Kilang Pertamina Plaju Utamakan Keselamatan Kerja

Kilang Pertamina Plaju utamakan keselamatan kerja, sepanjang 2023 telah beroperasi selama 12 juta lebih jam kerja aman.--

PALEMBANG, RADARPALEMBANG.COM – PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) Refinery Unit III Plaju telah mencatatkan kinerja dan capaian gemilang dalam aspek Health, Safety, Security & Environment (HSSE) di sepanjang 2023.

Hal itu ditandai dengan ketercapaian target Kilang Pertamina Plaju di beberapa lingkup HSSE, yang menjadi bagian krusial dalam menunjang kinerja operasional.

Kilang Pertamina Plaju telah mencatatkan 128.355.896 jam kerja aman (JKA) sejak 9 Desember 2009.  

Sementara itu, sepanjang 2023, Kilang Pertamina Plaju telah beroperasi selama 12 juta lebih jam kerja aman.

BACA JUGA:Kilang Pertamina Plaju Produksi 42 Ribu Ton Lebih Biji Plastik Berkualitas Tinggi Sepanjang 2023

“Realisasi kinerja dan pencapaian perusahaan dalam aspek HSSE menunjukkan komitmen keberlanjutan perusahaan,”kata Area Manager Communication, Relations dan CSR Kilang Pertamina Plaju Siti Rachmi Indahsari, Jumat 5 Januari 2024.

Angka TRIR (Total Recordable Incident Rate) yang juga nol, tidak hanya mencerminkan komitmen, tetapi juga kerja keras dari semua unsur pekerja Kilang Pertamina Plaju yang terlibat dalam operasional dalam menciptakan lingkungan kerja yang sehat dan aman.

 

“Lewat penguatan aspek HSSE, kami terus berkomitmen menciptakan keberlanjutan dengan menciptakan lingkungan kerja yang aman, sehat, serta selalu comply to regulations,” kata Rachmi.

Capaian Kilang Pertamina Plaju bukan hanya suatu prestasi, tetapi juga menjadi bukti nyata dari standar keselamatan yang tinggi.

BACA JUGA:Dukung Target Net Zero Emission, Kilang Pertamina Plaju Lakukan Uji Emisi Kendaraan Perusahaan

Penegakkan aspek Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) Kilang Pertamina Plaju juga didukung oleh partisipasi aktif dari 869 pekerja, serta 3.675 kontraktor.

Pada aspek kesehatan kerja, Kilang Pertamina Plaju melalui Bagian Health Fungsi HSSE telah merampungkan target 100 persen Pemeriksaan Medis atau Medical Check Up (MCU). 

Hal ini menjadi bukti komitmen Kilang Pertamina Plaju dalam memastikan kesehatan semua pekerja dan kontraktor yang terlibat dalam operasional.

BACA JUGA:Wow, Kilang Pertamina Plaju Sumbang PBB dan BPHTB Terbesar Kota Palembang Tahun 2023

Raih 12 Penghargaan di Aspek HSSE

Beberapa penghargaan di level nasional di dalam aspek HSSE pun telah diraih Kilang Pertamina Plaju.  

Diantaranya adalah penghargaan PROPER Emas 2023 dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Subroto Award, Patra Karya Raksa Tama, Patra Karya Adinugraha VI dari Kementerian ESDM.

Selanjutnya ada enghargaan dari berbagai organisasi terkait keselamatan seperti Indonesia Safety Excellence Award dan WSO (World Safety Organization) Indonesia Safety Culture Award atau WISCA kepada Kilang Pertamina Plaju.

“Kami mohon doa, agar di tahun 2024 ini, kilang kita senantiasa diberikan keselamatan, sehingga mampu terus mensuplai kebutuhan energi terbaik untuk negeri,” ujar dia.

BACA JUGA:Selama Nataru, Kilang Pertamina Plaju Jamin Pasokan BBM ke Masyarakat Tetap Aman

Sumber: