Hari Pers Nasional 2024, Kilang Pertamina Plaju Apresiasi Peran Aktif Jurnalis Edukasi Khalayak Soal Migas

Hari Pers Nasional 2024, Kilang Pertamina Plaju Apresiasi Peran Aktif Jurnalis Edukasi Khalayak Soal Migas

Hari Pers Nasional 2024, Kilang Pertamina Plaju Apresiasi Peran Aktif Jurnalis Edukasi Khalayak Soal Migas--

PALEMBANG, RADARPALEMBANG.COM - Tepat 9 Februari menjadi tanggal peringatan Hari Pers Nasional (HPN), yang setiap tahunnya digelar sejak 1985 sebagai momentum memperingati peran dan keberadaan pers dalam pembangunan.

Peran pers dalam menjadi pilar pencerdasan bangsa pun tak diragukan lagi. 

Soal informasi yang menjadi hajat publik, pers adalah gudangnya. Dalam berbagai aspek pembangunan, pers selalu berperan besar dalam edukasi kepada masyarakat pada umumnya.

Hadirnya peran insan pers selalu tampil terdepan dalam mengedukasi dan memberikan kabar positif kepada khalayak masyarakat soal industri energi, dengan sajian informasi yang terkini, kaya dan akurat.

BACA JUGA:Momen K3 Nasional, Kilang Pertamina Plaju Terus Gelorakan Semangat Budaya HSSE

Area Manager Communication, Relations and CSR PT Kilang Pertamina Internasional (PT KPI) Refinery Unit III Plaju, Siti Rachmi Indahsari mengatakan pers menjadi bagian integral dalam perjalanan bisnis kilang.

Ia mengapresiasi peran kolaboratif para insan pers yang telah konsisten memberitakan setiap milestone dan informasi penting lainnya berkaitan dengan Kilang Pertamina Plaju sebagai salah satu Obyek Vital Nasional (Obvitnas) yang berdiri di Sumatera Selatan. 

Sepanjang 2023, lebih dari 1.000 (seribu) pemberitaan positif berkaitan dengan Kilang Pertamina Plaju telah diangkat di berbagai media massa, baik cetak maupun online.

"Dukungan pers menjadi hal yang penting bagi kami sebagai unit bisnis Pertamina Group dalam inisiatif mencapai keberlanjutan bisnis,"ujar Rachmi. 

BACA JUGA:Cegah DBD, Kilang Pertamina Plaju Semprot Fogging di Desa Sungai Rebo

Ia menambahkan, opini dan kepercayaan masyarakat terhadap operasional Kilang Pertamina Plaju dibangun salah satunya melalui peran pers.

Rachmi mengatakan, dalam berkomunikasi dengan para pemangku kepentingan (stakeholder), Kilang Pertamina Plaju menerapkan strategi komunikasi pentahelix guna percepatan implementasi dan memperluas capaian keberhasilan berbagai program, demi dalam menjaga keutuhan bangsa yang menjadi tema HPN 2024 ini.

Indikator utama dalam implementasi Pentahelix yakni kolaborasi kemitraan lima komponen yakni pemerintah, media, komunitas, bisnis, dan akademisi. 

"Media, dalam hal ini para insan pers telah banyak membantu kita menggaungkan energi positif kepada khalayak,"imbuh Rachmi.

Sumber: