HUT RI ke-79, Spirit Pekerja Kilang Pertamina Plaju Jaga Keandalan Energi di Hari Kemerdekaan

HUT RI ke-79, Spirit Pekerja Kilang Pertamina Plaju Jaga Keandalan Energi di Hari Kemerdekaan

Para perwira (Pertamina Wira) tetap semangat mengoperasikan kilang, mengolah energi yang menjadi tulang punggung bagi ketahanan energi nasional saat HUT RI ke-79.-Kilang Pertamina Plaju -

Di usianya yang lebih tua dari republik ini, Kilang Pertamina Plaju tidak hanya menjadi saksi sejarah perjalanan bangsa, tetapi juga turut menorehkan sejarah dengan terus berinovasi dan memberikan kontribusi nyata bagi negeri.

Hasilkan Produk Unggulan, Lokomotif Ekonomi Negeri

Beberapa produk unggulan yang dihasilkan dari Kilang Pertamina Plaju berupa BBM seperti Pertalite dan Pertamax yang merupakan produk bahan bakar berkualitas tinggi dengan oktan yang tinggi, yang cocok digunakan pada kendaraan bermotor untuk meningkatkan performa dan efisiensi mesin. 

BACA JUGA:Satgas RAFI 2024 Selesai, Kilang Pertamina Plaju Salurkan 148 Ribu Kilo Liter BBM Selama Lebaran

BACA JUGA:Potret Suasana Khusyuk Keluarga Kilang Pertamina Plaju Gelar Salat Idulfitri di 4 Lokasi

Dexlite, Solar, dan Biosolar sebagai bahan bakar diesel yang memiliki kandungan sulfur rendah, sehingga ramah lingkungan dan juga lebih ramah terhadap mesin diesel juga merupakan produk unggulan dari Kilang Pertamina Plaju.

Selain itu, ada Avtur yang merupakan bahan bakar pesawat yang diproduksi dengan standar kualitas internasional dan diuji secara ketat untuk memastikan keamanan dan kinerja yang optimal.

Kilang Pertamina Plaju juga menyediakan Special Boiling Point X (SBPX) dan Low Aromatic White Spirit (LAWS) yang merupakan bahan bakar berat untuk industri. 

SBPX cocok digunakan pada mesin industri yang membutuhkan bahan bakar beroktan rendah untuk digunakan untuk industri rubber dan pelarut, sedangkan LAWS adalah bahan bakar berat berkualitas tinggi untuk digunakan dalam industri pengolahan minyak dan gas. 

BACA JUGA:Kilang Pertamina Plaju Pastikan Penuhi Permintaan Gasoline, Gasoil, Avtur dan LPG Selama Lebaran 1445 H

BACA JUGA:Wow Total 13 Medali, Pekerja Kilang Pertamina Plaju Juara Umum Kompetisi Panahan di Dumai

Di samping itu, terdapat Vacuum Residue dan Polytam, yang digunakan sebagai bahan baku dalam produksi produk kimia, plastik dan pelumas. 

Terakhir, ada juga produk lain seperti LPG yang diproduksi sebagai bahan bakar yang digunakan dalam kebutuhan rumah tangga, serta Musicool MC-22 dan Breezon MC-32 yang merupakan produk refrigeran AC alternatif untuk menggantikan refrigeran sintetik.

Energi Baru Untuk Indonesia Maju

Sejalan dengan tema HUT Kemerdekaan RI pada tahun ini, “Nusantara Baru, Indonesia Maju”, Pertamina juga mengusung tema “Energi Baru untuk Indonesia Maju”. 

Sumber: