Menko Luhut: Baterai LFP Masih Jadi Pilihan Utama Produsen Otomotif Meski Bermasalah Terhadap Cuaca

Menko Luhut: Baterai LFP Masih Jadi Pilihan Utama Produsen Otomotif Meski Bermasalah Terhadap Cuaca

Menko Marves, Luhut Binsar Pandjaitan mengakui baterai LFP masih menjadi pilihan utama produsen kendaraan listrik kendati bermasalah terhadap cuaca--antaranews.com

KENDAL, RADARPALEMBANG.ID - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan mengakui baterai lithium ferro-phosphate atau LFP masih menjadi pilihan utama produsen kendaraan listrik kendati bermasalah terhadap cuaca

Menko Luhut mengungkapkan hal tersebut saat mendampingi Presiden Jokowi dalam prosesi peresmian pabrik bahan anoda baterai lithium di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK), Kendal, Jawa Tengah.

Luhut mengungkap kalau saat ini baterai listrik berjenis LFP masih tetap menjadi pilihan utama meski karakternya yang mudah terpengaruh cuaca ekstrem.

"LFP memang menjadi penting walaupun LFP ini sebenarnya berpengaruh dengan cuaca ekstrem dingin maupun ekstrem panas, oleh karena itu tetap saja produsen masih melihat baterai ini sebagai pilihan terbaik saat ini," ujar Luhut Rabu, 7 Agustus 2024.

BACA JUGA:Keunggulan Baterai Listrik Solid-State Samsung Terbaru, Pengisian Cepat dan Mampu Bertahan 20 Tahun

BACA JUGA:Luar Biasa, Pabrik Baterai Listrik Pertama dan Terbesar di Asia Tenggara Resmi Hadir di Karawang

Bahkan ditambahkan Luuhut kedpan Indonesia akan segera memiliki pabrik baterai LFP, meski belum secara rinci rencana pembangunannya.

"Kita tidak hanya mengembangkan lithium baterai yang berbahan katoda nikel, tapi juga katoda LFP, dan pabrik LFP sedang dibangun di Indonesia," ungkapnya.

Kelebihan dan Kekurangan Baterai LFP

Baterai LFP, atau Lithium Ferro Phosphate, yang sering juga disebut sebagai baterai lithium-ion yang telah menjadi sorotan dalam dunia teknologi energi. 

Baterai LFP atau LiFePO4 menawarkan sejumlah kelebihan dan kekurangan yang perlu dipertimbangkan dalam penggunaan dan pengembangan teknologi baterai modern.

BACA JUGA:Perbedaan LFP dengan Nikel, Bahan Baku Baterai Listrik yang Ramai Diperbincangkan Usai Debat Cawapres 2024

BACA JUGA:Jabar Punya Pabrik Baterai Listrik Terbesar Asia Tenggara

Kelebihan baterai LFP

Sumber: