Menko Luhut: Baterai LFP Masih Jadi Pilihan Utama Produsen Otomotif Meski Bermasalah Terhadap Cuaca

Menko Luhut: Baterai LFP Masih Jadi Pilihan Utama Produsen Otomotif Meski Bermasalah Terhadap Cuaca

Menko Marves, Luhut Binsar Pandjaitan mengakui baterai LFP masih menjadi pilihan utama produsen kendaraan listrik kendati bermasalah terhadap cuaca--antaranews.com

1. Keamanan tinggi

Bateri LFP dikenal dengan keamanannya yang tinggi. Struktur kristal LFP memberikan kestabilan termal yang baik, mengurangi risiko panas berlebih atau bahkan kebakaran yang mungkin terjadi pada jenis baterai lain.

2. Siklus hidup panjang

Salah satu keunggulan utama dari baterai LFP adalah siklus hidup yang panjang. Baterai ini dapat menangani ribuan siklus pengisian dan pengosongan tanpa mengalami degradasi kinerja yang signifikan.

Baterai LFP memiliki siklus hidup 1.000-10.000 siklus. Litium besi fosfat memiliki laju pelepasan yang sangat baik dan degradasi yang lebih sedikit pada suhu tinggi. 

BACA JUGA:BMW Indonesia Klaim Penjualan Mobil Listrik Naik 40 Persen, Kuasai Pangsa Pasar 71 Persen di Kelas Premium

BACA JUGA:Berlaku Mulai Agustus 2024, Mobil Listrik Merek Lain Tak Bisa Lagi Gunakan SPKLU Hyundai, Ini Alasannya

3. Daya keluar stabil

Baterai LFP memberikan daya keluar yang stabil selama pemakaian, membuatnya cocok untuk aplikasi yang memerlukan keluaran daya yang konsisten seperti kendaraan listrik dan sistem penyimpanan energi.

4. Ketersediaan fosfat

Baterai LFP menggunakan fosfat sebagai salah satu bahan utamanya, yang lebih melimpah dan lebih ramah lingkungan dibandingkan dengan bahan yang digunakan dalam beberapa jenis baterai lithium-ion lainnya.

5. Penyimpanan yang baik 

Baterai LFP dapat digunakan untuk berbagai aplikasi seperti mesin elektronik, militer, aplikasi medis, dan motor listrik. Untuk alternatif baterai yang murah, baterai ini bisa menjadi pilihan yang baik. 

BACA JUGA:Ini Komentar Bos Mitsubishi soal Hancurnya Pasar Otomotif Thailand Akibat Mobil Listrik

BACA JUGA:Suzuki Hadirkan Konsep Mobil Listrik eVX di GIIAS 2024, Intip Harga Yuk!

Sumber: