Kolaborasi Tokopedia dan ShopTokopedia Bersama Pemkab Tingkatkan Daya Saing Petani Kopi di Lahat

Kolaborasi Tokopedia dan ShopTokopedia Bersama Pemkab Tingkatkan Daya Saing Petani Kopi di Lahat

Tokopedia dan ShopTokopedia Bersama Pemerintah Kabupaten (Pemkap) berkomitmen untuk terus berupaya meningkatkan daya saing para petani kopi di Lahat-Maulana Muhammad/ radarpalembang.com-

LAHAT, RADARPALEMBANG.COMTokopedia dan ShopTokopedia Bersama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) berkomitmen untuk terus berupaya meningkatkan daya saing para petani kopi di LAHAT.

Guna mewujudkan lah tersebut Tokopedia dan ShopTokopedia bersama Pemkab Lahat gencarkan memberikan pelatihan kepada para Petani dan UMKM di kabupaten Lahat.

Head of Communications E-commerce Tokopedia and ShopTokopedia, Aditia Grasio Nelwan menjelaskan kalau Tokopedia dan ShopTokopedia juga menggandeng Sustainable Coffee Platform of Indonesia (SCOPI) untuk memberikan edukasi atau pelatihan paska panen dan pendampingan pada 1.000 petani kopi di Lahat Sejak Juni 2024 lalu. 

“Tokopedia dan ShopTokopedia menyadari bahwa untuk mengembangkan digitalisasi perlu menjangkau pihak di bagian hulu, khususnya pada kopi sebagai komoditas yang memiliki performa baik di platform Tokopedia dan ShopTokopedia.

BACA JUGA: Tokopedia dan ShopTokopedia Bekali Petani Lokal dari Lahat

Melalui pelatihan pascapanen dan peningkatan mutu biji kopi yang bekerja sama dengan SCOPI dan Dinas Perkebunan Kabupaten Lahat, kami berharap semakin banyak pahlawan ekonomi yang muncul di industri kopi Indonesia," ungkap Aditia pada acara Media Briefing dan Workshop yang di adakan di Desa Lubuk Selo, Kecamatan Gumay Ulu, Kabupaten Lahat, Kamis, 25 Juli 2024.

Selain itu pemberian berbagai inisiatif juga dilakukan Tokopedia dan ShopTokopedia guna mendukung UMKM dan petani kopi dilahat agar dapat terus berkembang.

 “Berbagai inisiatif yang dihadirkan, Tokopedia mencatat beberapa daerah dengan kenaikan tertinggi nilai transaksi terhadap produk kopi, yaitu Bengkulu, Sulawesi Barat dan Jambi, dengan rata-rata kenaikan hampir 2 kali lipat,” ungkap Aditia.

Adapun insentif yang diberikan seperti materi edukasi soal pengembangan usaha bisa dipelajari para pelaku usaha secara gratis melalui Pusat Edukasi Seller Tokopedia dan ShopTokopedia Academy.

BACA JUGA:Untungkan Bisnis UMKM, Pakar IT Sebut Integrasi TikTok-Tokopedia Perlu Waktu

Bukan hanya itu Tokopedia dan ShopTokopedia juga gencar mengkampanyekan produk kopi lokal melalui beragam melalui acara seperti Tokopedia Coffee Fest yang mengusung sejumlah pelaku usaha di industri kopi lokal dari berbagai daerah.

Lalu ada Beli Lokal yang mempermudah masyarakat untuk belanja online produk dari brand lokal, dan Tokopedia NYAM! yang membantu masyarakat mendapatkan produk makanan dan minuman dari berbagai UMKM lokal di seluruh Indonesia, termasuk dari Kabupaten Lahat dan Sumatra Selatan.

Dan terbukti dengan adanya kampanye tersebut membawa dampak postif bagi para UMKM. Tokopedia mencatat beberapa daerah dengan kenaikan tertinggi nilai transaksi khusnya produk kopi.

 “Kenaikan rata-rata penjualan sejumlah UMKM kopi mencapai lebih dari 11 kali lipat selama 3 bulan pertama bergabung di kampanye Beli Lokal pada periode Desember-Februari 2024 dibandingkan Desember-Februari 2023.

Sumber: