Kolaborasi Tokopedia dan ShopTokopedia Bersama Pemkab Tingkatkan Daya Saing Petani Kopi di Lahat

Kolaborasi Tokopedia dan ShopTokopedia Bersama Pemkab Tingkatkan Daya Saing Petani Kopi di Lahat

Tokopedia dan ShopTokopedia Bersama Pemerintah Kabupaten (Pemkap) berkomitmen untuk terus berupaya meningkatkan daya saing para petani kopi di Lahat-Maulana Muhammad/ radarpalembang.com-

BACA JUGA:Tokopedia Gelar Beauty Awards 2023, Masyarakat Juga Bisa Ikuti Voting

Bahkan, biji kopi 50 persen arabika 50 persen robusta, biji kopi robusta Toraja Rantebua dan biji kopi arabika Gayo menjadi jenis biji kopi yang paling laris secara nasional lewat kampanye Beli Lokal di Tokopedia selama semester I 2024,” ujar Aditia.

Sementara itu, khususnya di Sumatra Selatan, lewat kampanye Beli Lokal di Tokopedia, biji kopi arabika Malabar, biji kopi robusta Pagar Alam, dan kopi bubuk robusta Semendo jadi yang paling laris selama semester I 2024.

Untuk Musi Banyuasin, Ogan Komerin Ulu Selatan, dan Empat Lawang, menjadi beberapa daerah di Sumatra Selatan yang mengalami kenaikan tertinggi dengan kenaikan rata-rata hingga 3 kali lipat selama semester I 2024 dibandingkan semester I 2023.

“Melalui beragam inisiatif, upaya kolaborasi dengan berbagai pihak, dan pemanfaatan teknologi digital, Tokopedia dan ShopTokopedia berharap dapat senantiasa mendukung para pelaku UMKM, termasuk industri kopi lokal, agar dapat menciptakan peluang dan memajukan kesejahteraan masyarakat Indonesia, termasuk para petani kopi,” ungkap Aditia.

BACA JUGA:Kualitas Udara Buruk, Tokopedia Gandeng Dokter Spesialis Paru Bagikan Tips Cegah ISPA pada Anak

Pemerintah Kabupaten Lahat pun mengapresiasi program yang dilakukan oleh Tokopedia dan ShopTokopedia guna meningkatkan daya saing para petani dan UMKM kopi.

Kepala Dinas Perkebunan Kabupaten Lahat, Vivi Anggraini, S.STP, M.Si, mengungkapkan, “Komoditas kopi di Kabupaten Lahat memiliki potensi yang luar biasa dan harus diperjuangkan, karena sejak lama Kabupaten Lahat merupakan salah satu dari empat daerah penghasil kopi terbesar di Sumatra Selatan.

Kami berharap program pelatihan ini dapat membantu para petani kopi di Lahat untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan mereka dalam budidaya kopi yang berkelanjutan sehingga biji kopi Lahat bisa mendapatkan panggung yang semakin luas di kancah nasional hingga global," kata Vivi.

Yogi Kurniawan, bangun usaha dan bukakan lapangan pekerjaan lewat usaha 'Kopi Serambi'

Hadir sebagai salah satu pembicara di workshop tersebut, Yogi Kurniawan, salah satu petani kopi di Lahat sekaligus pemilik usaha Kopi Serambi yang mulai menekuni bisnis kopi di tahun 2017.

BACA JUGA:Mau Bayar Pakai Tokopedia Paylater? Wajib Ketahui 5 Hal Ini Dulu

Berawal dengan mempelajari proses pascapanen biji kopi, Yogi berambisi untuk memperbaiki kualitas biji kopi di wilayah tempat tinggalnya (Kecamatan Jarai, Kabupaten Lahat).

Berlanjut dengan mengolah biji kopi, Yogi mulai menjual biji kopi kepada berbagai pemilik kedai kopi dan roastery.

“Pada November 2019, saya membuka toko online Kopi Serambi di Tokopedia untuk menjawab permintaan pelanggan di berbagai kota di Indonesia.

Sumber: