Bangunan Liar Samping Rusunawa Kasnariansyah Jadi TPS Ilegal, Warga Protes ke Camat IT 1 dan Lurah D IV

Bangunan Liar Samping Rusunawa Kasnariansyah Jadi TPS Ilegal, Warga Protes ke Camat IT 1 dan Lurah D IV

Warga sekitaran rusunawa Kasnariansyah protes ke Camat IT 1 dan Lurah D IV terkait tumpukan sampah.-Davidkarnain/radarpalembang.disway.com-

"Sekarang sedang dihimbau dengan warga untuk membayar iuran sampah untuk pengambilan pihak ketiga, yang dilakukan pihak rusunawa pada penghuninya,"jelas dia.

BACA JUGA:Bank Sampah Binaan PLN UID S2JB di Prabumulih Jadi yang Terbaik se Indonesia

"Itu sebabnya, pihak rusunawa menutup gerbang samping yang dekat TPS (Tempat Pembuangan Sampah), ini sudah dibicarakan RT dan RW,"kata dia.

Sementara itu, Camat IT 1, Purba Sanjaya saat dikonfirmasi, hanya meneruskan jawaban dari Dinas DLHK Kota Palembang.

"Untuk rusunawa mereka mengirim surat tidak bekerjasama dengan pihak DLH, jadi untuk rusunawa itu ada pihak ketiga yang mengelola, jadi semenjak dikelola pihak ketiga, kami (DLHK) tidak bertanggung jawab lagi untuk kebersamaan,"jawab DLHK kepada pihak Kecamatan IT 1.

"Siap pak, sudah ada pembicaraan dengan RT, mereka mau mengajak warga untuk ikut iuran sama dengan warga rusunawa, nanti dihubungi lagi RT-nya,"sambungnya.

BACA JUGA:Beberes Sungai Musi, Kilang Pertamina Plaju dan Masyarakat Kumpulkan 3 Ton Sampah

Lalu, sambung jawaban tersebut, la seminggu yang lewat, waktu itu ibu lurah nawarkan motor sampah ke ketua RT 15, tapi warga harus bayar, nah itu belum ada keputusan.

"Sebenarnya itu bukan tempat buang sampah, dasar warga yang numpang buang sampah ke bak sampah rusun, itu sekarang rusun dak galak lagi numpangi warga buang sampah, sebab rusun hanya untuk penghuni rusun,"jelas jawaban DLHK ke Camat IT 1.

Terkait usulan motor sampah yang diajukan Lurah D IV ke warga di sekitar rusunawa Kasnariansyah, Camat IT 1, Purba Sanjaya mengatakan belum ada info dari RT-nya lagi, kapan nak direalisasikan.

Usulan iuran sampah tersebut, sebenarnya disetujui warga, terutama RT 15 di sekitar lokasi, tapi yang menjadi permasalahan ialah warga diluar RT 15 yang tak ikut iuran namun buang sampah sembarang.

BACA JUGA:BSI Kumpulkan Lebih dari 5.000 Sampah Botol Plastik di Jogja Marathon 2023

Terkait warga diluar RT 15 keluarhan D IV Kecamatan IT 1 yang bandel buang sampah, Purba Sanjaya berjanji agek lurah sama kasi Trantib cek lokasinya.

Sementara itu, terkait usulan iuran sampah tersebut, sebenarnya disetujui warga, terutama RT 15 di sekitar lokasi, tapi yang menjadi permasalahan ialah warga diluar RT 15 yang tak ikut iuran namun buang sampah sembarang, Lurah D IV Masnun belum memberikan respon pastinya.

Keluhan warga terkait menumpuknya sampah yang dibuang sembarangan diduga dari orang luar kawasan RT 15 Keluarhan D IV Kecamatan IT 1 sudah lama dan hingga kini belum ada solusi.

Sumber: