Bupati OKU Timur Terima Penghargaan Mendikbudristek, Sukses Lakukan Revitalisasi Bahasa Komering

Bupati OKU Timur Terima Penghargaan Mendikbudristek, Sukses Lakukan Revitalisasi Bahasa Komering

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan OKU Timur Wakimin.-edward/radarpalembang.com-

MARTAPURA, RADARPALEMBANG.COM - Dinilai berhasil melakukan revitalisasi Bahasa Komering, Bupati OKU Timur H Lanosin dìjadwalkan akan menerima penghargaan dari Kementerian Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbudristek) Republik Indonesia.

Penghargaan tersebut akan dìserahkan saat Festival Tunas Bahasa Ibu (FTBI) Nasional dan Rapat Koordinasi Penguatan RBD antara Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah yang akan dilaksanakan di Hotel Sultan, Jalan Gatot Subroto, Jakarta pada Kamis 2 Mei 2024 mendatang.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan OKU Timur Wakimin melalui Sekretaris Dinas H Dodi Purnama ketika dikonfirmasi membenarkan adanya Kepastian penerimanaan penghargaan dari Mendikbudristek tersebut.

BACA JUGA:Hari Kartini 2024, DPPKB OKU Timur Beri Layanan KB Gratis, Cek Tanggal dan Lokasinya di Sini

Menurut Dodi, pihaknya telah menerima undangan perihal pemberian penghargaan tersebut. "Undangan kehadiran untuk penerimaan penghargaan ini sudah kita terima, dan akan segera kita naikkan ke Pak Bupati," ujar Dodi.

Lebih lanjut Dodi mengatakan, penghargaan dan apresiasi ini dìdapat berkat komitmen Pemkab OKU Timur yang terus konsisten melakukan revitalisasi bahasa daerah (Komering).

Mulai dari pelaksaan revitasisasi, Festival Tunas Bahasa Ibu (FTBI) tingkat kabupaten dan provinsi, hingga pengimbasan kepada guru-guru.

"Selain itu, Pemkab OKU Timur melalui Disdikbud OKU Timur telah memasukan bahasa daerah Komering menjadi pelajaran muatan lokal (mulok) dì sekolah-sekolah. Ahamdulilah, Pak Bupati akan menerima penghargaan ini bersama 19 kepala daerah lainnya dì Indonesia, dan satu-satunya perwakilan dari Provinsi Sumsel," jelasnya.

BACA JUGA:Halal Bihalal Dinas Pengendalian Penduduk dan KB OKU Timur Diisi Tausiah hingga Penggalangan Dana

Pelaksanaan revitalisasi bahasa daerah lanjut Dodi bisa terlaksana dengan baik berkat dukungan Pemkab OKU Timur khususnya Bupati Lanosin.

"Pak Bupati menginginkan agar bahasa daerah khususnya Komering menjadi identitas OKU Timur. Meskipun secara umum, dì OKU Timur mempunyai beragam suku dan budaya," ungkapnya seraya mengatakan perwakilan Kabupaten OKU Timur akan dìlepas mengikuti FTBI Nasional pada Jumat 26 April 2024.

 

 

 

Sumber: