Kilang Pertamina Plaju Pastikan Penuhi Permintaan Gasoline, Gasoil, Avtur dan LPG Selama Lebaran 1445 H

Kilang Pertamina Plaju Pastikan Penuhi Permintaan Gasoline, Gasoil, Avtur dan LPG Selama Lebaran 1445 H

Kilang Pertamina Plaju terus memastikan kesiapan, keamanan serta keandalan operasional kilang selama libur panjang periode Lebaran Idulfitri 1445 H.--

BACA JUGA:Cegah DBD, Kilang Pertamina Plaju Semprot Fogging di Desa Sungai Rebo

Angka itu 12 persen lebih besar dari permintaan di hilir yang sebesar 70 ribu KL. 

Kemudian untuk produk Gasoil, Kilang Pertamina Plaju telah menyiapkan suplai sebesar 169 ribu KL, atau 10,6 persen melebihi dari 152 ribu KL permintaan di hilir.

Sementara, untuk produk Avtur sebagai bahan bakar aviasi, dari permintaan 2,3 ribu KL, suplai dari Kilang Pertamina Plaju ditargetkan sebesar 3 ribu KL, atau 31 persen lebih besar dari permintaan. 

Produk Avtur dari Plaju disuplai untuk beberapa Depot Pengisian Pesawat Udara (DPPU) di area Sumbagsel (Palembang, Jambi, Bangka, Belitung, Lampung).

BACA JUGA:Ketiga Kalinya, Kilang Pertamina Plaju Ajak Mahasiswa Sumbagsel Tingkatkan Kelas UMKM Binaan Perusahaan

Sedangkan produk LPG, Kilang Pertamina Plaju menargetkan suplai sebesar 18 ribu Metric Ton (MT), dan mampu mencukupi permintaan.

"Secara umum, rencana suplai produk gasoline, gasoil, avtur dan LPG dari Kilang Pertamina Plaju dapat memenuhi permintaan di Integrated Terminal (IT) Palembang, IT Panjang di Lampung, dan DPPU area Sumbagsel,"jelas Rachmi.

Kinerja lifting (penyaluran) Kilang Pertamina Plaju secara historis pada periode Januari hingga Maret 2024 juga tercatat selalu memenuhi kebutuhan permintaan produk Gasoil, Gasoline, Avtur & LPG.

Di samping itu, Rachmi menambahkan, Kilang Pertamina Plaju terus melakukan optimalisasi dalam mengeksekusi pengelolaan minyak mentah (crude) sesuai dengan kapasitas kilang yang ada. 

BACA JUGA:Beroperasi 12 Juta Jam Kerja Aman Sepanjang 2023, Kilang Pertamina Plaju Utamakan Keselamatan Kerja

“Kami juga menaikan kapasitas secondary kilang dan konversi produk semaksimal mungkin dengan mengelola dan memanfaatkan stok yang tersedia,” ujar dia.

BACA JUGA:Kilang Pertamina Plaju Produksi 42 Ribu Ton Lebih Biji Plastik Berkualitas Tinggi Sepanjang 2023

Sumber: