Kilang Pertamina Plaju Produksi 42 Ribu Ton Lebih Biji Plastik Berkualitas Tinggi Sepanjang 2023

Kilang Pertamina Plaju Produksi 42 Ribu Ton Lebih Biji Plastik Berkualitas Tinggi Sepanjang 2023

Karyawan Kilang Pertamina Plaju sedang memeriksa produk biji plastik dengan merk Polytam dari unit Polypropylene.--

PALEMBANG, RADARPALEMBANG.COM – Sepanjang tahun 2023, PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) Refinery Unit (RU) III Plaju telah memproduksi sebanyak 42 ribu ton lebih produk biji plastik dengan merk Polytam dari unit Polypropylene. 

Jumlah produksi produk biji plastik dengan merk Polytam dari unit Polypropylene Kilang Pertamina Plaju melampaui target perusahaan.

Pencapaian produksi Polytam dari unit Polypropylene itu semakin menguatkan kontribusi Kilang Pertamina Plaju dalam industri petrokimia guna pemenuhan bahan baku plastik dan mengurangi ketergantungan impor.  

“Polytam merupakan produk polypropylene (PP) sebagai bahan baku dalam pembuatan kantong plastik yang biasa digunakan di industri kemasan makanan dan minuman,”kata Area Manager Communication, Relations dan CSR Kilang Pertamina Plaju, Siti Rachmi Indahsari, Kamis 4 Januari 2023. 

BACA JUGA:Dukung Target Net Zero Emission, Kilang Pertamina Plaju Lakukan Uji Emisi Kendaraan Perusahaan

Bahan pembuat plastik ini adalah jenis plastik terbaik yang bisa digunakan sebagai kemasan makanan dan minuman karena mampu mencegah terjadinya reaksi kimia, tahan terhadap panas dan bisa digunakan berulang-ulang.

“Polypropylene merupakan satu dari 7 jenis tingkatan plastik yang ada,” ujarnya.

Berbeda dari plastik jenis PET (polietilen tereftalat) yang biasanya digunakan untuk membuat produk plastik sekali pakai, seperti botol air minum dalam kemasan, plastik yang berasal dari Polytam dapat digunakan berkali-kali tanpa risiko kesehatan yang mungkin ditimbulkan. 

Polytam diproduksi oleh Kilang Pertamina Plaju di unit Polypropylene yang dibangun tahun 1972. 

BACA JUGA:Wow, Kilang Pertamina Plaju Sumbang PBB dan BPHTB Terbesar Kota Palembang Tahun 2023

Produk biji plastik dengan merk Polytam dari unit Polypropylene Kilang Pertamina Plaju memiliki spesifikasi keunggulan produk yang berkualitas tinggi.

Adapun keunggulan biji plastik dengan merk Polytam dari unit Polypropylene Kilang Pertamina Plaju lebih tahan panas dan oksidasi, serta memiliki warna yang lebih putih.

Kilang Polypropylene sendiri terdiri dari 3 unit Proses yakni unit purifikasi, unit polimerisasi dan unit pelletizing.

Dengan pasokan bahan baku berupa raw propane propylene dari FCCU (Fluid Catalytic Cracking Unit) Kilang Sungai Gerong. 

Sumber: