5 Cara Sosiologi untuk Menghilangkan Stres, Jangan Dianggap Sepele

5 Cara Sosiologi untuk Menghilangkan Stres, Jangan Dianggap Sepele

Ilustrasi --

Nyatanya, rasa simpati itu tak hanya diterapkan kepada orang lain, melainkan juga bisa kamu terapkan ke dirimu sendiri, khususnya saat sedang merasa stres.

Bagaimana caranya? Yakni dengan memahami perasaanmu.

Dengan bersimpati ke dirimu sendiri, maka kamu tidak boleh menyangkal stres dan menganggap diri sendiri lemah karena larut dalam rasa stres.

Justru, dengan bersimpati seharusnya kamu bisa memposisikan perasaan duka pada dirimu, berapa beratnya hidupmu. Sehingga, kamu bisa mengerem beban hidup yang berpotensi membuat dirimu sendiri stres, ya

BACA JUGA:Masalah Keuangan Faktor Picu Stres Tertinggi, Kenali 8 Penyebab Stres Lainnya

2. Tindakan afektif untuk menetralisasi rasa stress

Tindakan afektif dalam ilmu sosiologi berlandaskan emosional di dalamnya. Emosional apa saja dalam tindakan afektif?

Mulai dari emosi cinta, bahagia, kesedihan, kekecewaan, kemarahan, dan sejenisnya. Nah, dalam upaya mengatasi rasa stres yang dirasakan saat ini, maka kamu bisa memperlakukan dirimu dengan penuh afektif.

Efektif berupa emosi penuh kasih sayang dalam bersikap dan bertindak untuk dan atas dirimu sendiri.

Sederhananya, saat berada di fase stres, banyak-banyaklah menyayangi diri sendiri. Terlebih, ucapkan terima kasih atas semua perjuangan yang sudah dilakukan dalam hidup.

Dengan begitu, kamu turut mengapresiasi kerja keras yang sampai membuatmu dirimu sendiri stres saat ini.

BACA JUGA:Resep Jitu Umur Panjang, Jangan Stres Karena Mudah Cemas Memicu Kematian 3 Kali Lebih Cepat

3. Bangun habitus sebagai stress release

Habitus dalam teori praktik sosial yang dikemukakan oleh seorang sosiolog bernama Pierre Bourdieu ini bermakna suatu kebiasaan.

Yap, kebiasaan yang melekat pada individu sebagai hasil dari proses sosialisasi di kehidupan masyarakat.Dengan begitu, maka konsep habitus ini bisa kamu pakai untuk menetralisir dari stres yang saat ini kamu alami, lho.

Sumber: