Tim Inovasi Center UBD Luncurkan Inovasi Keren Ini di Desa Seri Tanjung

Tim Inovasi Center UBD Luncurkan Inovasi Keren Ini di Desa Seri Tanjung

Tim REO yang diketuai oleh M. Rayhan, A.Md. berhasil menciptakan inovasi yaitu Smart System Penutup Mangkok Sadap Getah Karet yang telah diujicobakan pada Desa Seri Tanjung dalam wilayah Provinsi Sumatera Selatan.-dok ubd-

PALEMBANG, RADARPALEMBANG.COM – Program Kerja Inovator Center Universitas Bina Darma salah satunya adalah mengembangkan potensi desa dan UMKM.

Tim REO yang diketuai oleh M. Rayhan, A.Md. berhasil  menciptakan inovasi yaitu Smart System Penutup Mangkok Sadap Getah Karet yang telah diujicobakan pada Desa Seri Tanjung dalam wilayah Provinsi Sumatera Selatan.

“Inovasi yang diciptakan Tim REO ini merupakan salah satu upaya dalam menjaga serta meningkatkan kualitas hasil panen getah karet, yang mana kita ketahui Provinsi Sumatera Selatan merupakan salah satu wilayah penghasil getah karet terbanyak di Indonesia,” jelas Rahmat Novrianda Dasmen, S.T., M.Kom, Manajer Inovasi dan Kekayaan Intelektual Universitas Bina Darma.

Hal tersebut dapat dijelaskan dengan cara kerja smart system yang secara otomatis jika hujan turun maka mangkok sadap getah karet akan tertutup sehingga getah karet tidak terkena air hujan yang berpotensi merusak kualitas getah karet, smart system ini juga akan otomatis membuka tutupnya kembali jika hujan mulai reda atau cuaca telah cerah.

BACA JUGA:Kembali, Dosen UBD Capai Raih Jabatan Fungsional Lektor Kepala

Ditambahkannya, saat ini Inovator Center di bawah Direktorat Inovasi dan Inkubator Bisnis (DIIB) Universitas Bina Darma sedang berfokus menghasilkan inovasi yang bertujuan untuk meningkatkan potensi produk desa di Provinsi Sumatera Selatan, sehingga inovasi ini juga dapat menjadi Produk yang dapat diakui Hak Paten di Universitas Bina Darma.

Sementara, M. Rayhan, A.Md, CEO Tim REO sekaligus Alumni Program Studi Teknik Komputer Universitas Bina Darma menambahkan, pihaknya saat  ini sedang mengembangkan teknologi wireless dengan menggunakan Lora untuk komunikasi antar smart system tanpa kabel.

“Kalau sekarang  kami masih menggunakan kabel jumper untuk menghubungkan antar smart system penutup mangkok sadap getah karet dari satu pohon ke pohon lainnya,” ungkapnya.

BACA JUGA:UBD Sukses Gelar Penutupan International Mobility Program Hasil Kerja Sama dengan Unisel

Penyempurnaan inovasi smart system ini tetap akan berfokus pada Desa Seri Tanjung Kecamatan Tanjung Batu Kabupaten Ogan Ilir yang merupakan salah satu wilayah dengan perkebunan karet yang besar di Provinsi Sumatera Selatan. (*)

 

 

 

Sumber: