Proyek RDMP PT KPI Lindungi Hutan Sungsang dari Deforestasi dan Jaga Ekosistem Mangrove Pesisir Banyuasin

Proyek RDMP PT KPI Lindungi Hutan Sungsang dari Deforestasi dan Jaga Ekosistem Mangrove Pesisir Banyuasin

Proyek Refinery Development Master Plan (RDMP) Kilang Pertamina Plaju bersama beberapa otoritas kehutanan terus berkolaborasi untuk menjaga ekosistem Mangrove di wilayah pesisir Banyuasin, Sumatera Selatan.--

SUNGSANG, RADARPALEMBANG.COM – Dalam upaya bersama menangkal ancaman deforestasi dan Peningkatan Livelihood Masyarakat , PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) - Subholding Refining dan Petrochemical Pertamina, yang tengah menjalankan proyek Refinery Development Master Plan (RDMP) di Kilang Plaju.

 

Proyek Refinery Development Master Plan (RDMP) Kilang Pertamina Plaju bersama beberapa otoritas kehutanan terus berkolaborasi untuk menjaga ekosistem Mangrove di wilayah pesisir Banyuasin, Sumatera Selatan.

Hal itu ditandai dengan Penandatangan Kerjasama antara PT KPI dengan Lembaga Desa Pengelola Hutan Desa (LDPHD) Sungsang IV di Kecamatan Banyuasin II, Kabupaten Banyuasin, Sumatera Selatan.

General Manager Project Sumatera, Direktorat Proyek Infrastruktur PT KPI, I Gusti Bagus Prihanta,  menyampaikan pengurangan emisi karbon  menjadi fokus utama sebagai agenda keberlanjutan yang dijalankan PT KPI.

BACA JUGA:Beroperasi 12 Juta Jam Kerja Aman Sepanjang 2023, Kilang Pertamina Plaju Utamakan Keselamatan Kerja

Menurutnya, PT KPI yang tengah menggarap proyek Refinery Development Master Plan (RDMP) di Plaju.

PT KPI terus berkolaborasi dengan berbagai pihak guna mewujudkan keberhasilan program penyerapan karbon di hutan-hutan yang tersebar di Indonesia, salah satunya di Desa Sungsang IV.

“Kami merencanakan program ini akan berjalan secara sustain sebagai bukti komitmen PT KPI dalam agenda lingkungan, mendukung program Indonesia utk Nett Zero Emission( NZE) 2060,” ujarnya.

BACA JUGA:Kilang Pertamina Plaju Produksi 42 Ribu Ton Lebih Biji Plastik Berkualitas Tinggi Sepanjang 2023

Libatkan Masyarakat

Program penjagaan hutan di kawasan Sungsang, seperti penanaman 7.800 pohon Mangrove pada Agustus 2023 lalu, juga dirancang untuk menyentuh dan melibatkan masyarakat lokal, salah satunya dapat berperan dalam penyediaan bibit dan pemeliharaan Mangrove.

Ikhtiar penghijauan PT KPI yang tengah menjalankan beberapa proyek strategis RDMP dalam membangun infrastruktur ketahanan energi, dilakukan dengan Nature Based Solution.

“Di samping membangun teknologi yang menghasilkan emisi yang rendah nantinya, kita juga menyerap berupaya menyerap emisi karbon melalui tanaman hutan seperti Mangrove ini,” ujarnya.

BACA JUGA:Dukung Target Net Zero Emission, Kilang Pertamina Plaju Lakukan Uji Emisi Kendaraan Perusahaan

Selain dengan LDPHD, sebelumnya Project Sumatera PT KPI juga telah bekerjasama dengan Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) Palembang Banyuasin serta otoritas pengelolaan hutan di Sumatera.

Pengelolaan hutan desa di Sungsang juga telah disetujui Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) RI kepada LDPHD Sungsang IV seluas 553 Ha melalui Surat Keputusan MenLHK Nomor SK.6219/MENLHK-PSKL/PKPS/PSL.0/6/2023.

Kepala Balai Pengelolaan Hutan Sosial dan Kemitraan Lingkungan (PSKL) Sumatera Apri Dwi Sumarah mengatakan, hutan Mangrove bagaikan tameng bagi Desa Sungsang.

Karena di samping menjadi penahan abrasi, hutan mangrove juga mempunyai daya serap karbon lima kali lipat dari hutan daratan.

BACA JUGA:Wow, Kilang Pertamina Plaju Sumbang PBB dan BPHTB Terbesar Kota Palembang Tahun 2023

“Program penanaman hutan Mangrove ini juga dihadirkan PT KPI untuk menyerap karbon sebagai bentuk Tanggung Jawab Sosial Lingkungan, oleh karena itu kita memandang perlunya kolaborasi, kami tidak bisa bekerja sendiri dalam menjaga hutan ini,” ujarnya.

Adapun katanya, LDPHD Sungsang IV dapat berkontribusi dengan penyediaan bibit mangrove. “Harapan kami kerjasama ini tidak selesai hari ini, tapi terus berlanjut,” tambahnya.

Hutan Mangrove Sebagai Penyangga

Romi Adi Candra, Kepala Desa Sungsang IV, mengungkapkan rasa terima kasihnya atas dukungan PT KPI dalam pelestarian lingkungan di wilayah desa yang dipimpinnya itu, mengingat saat ini katanya pembukaan lahan di sana sudah sangat masif.

BACA JUGA:Selama Nataru, Kilang Pertamina Plaju Jamin Pasokan BBM ke Masyarakat Tetap Aman

“Kami sangat berterimakasih dan apresiasi kepada Pertamina yang telah mau mensupport desa untuk menjaga lingkungan kami disini,” katanya.

Ia menjelaskan, pihaknya juga terus mensosialisasikan pentingnya menjaga hutan di desa Sungsang IV, karena sebagai penyangga Desa Sungsang IV.

“Kalau terus-terusan Hutan dibuka, menyebabkan abrasi, kemungkinan besar  Desa Sungsang ini akan tenggelam,” sebutnya.

Romi juga menjelaskan bahwa program yang masuk ke desanya senantiasa diselaraskan dengan program pariwisata yang ia gagas di desanya, juga termasuk pelibatan masyarakat agar ikut mendapatkan hasil tanpa harus merusak fungsi hutan.

“Beberapa tahun terakhir dampaknya (program penanaman mangrove) sudah mulai dirasakan, semoga dengan penandatanganan kerjasama ini, lingkungan Sungsang makin terjaga,” imbuhnya.

 BACA JUGA:Kilang Pertamina Plaju Sabet PROPER Emas Kedua Kalinya dari KLHK RI

Hadir Sejak 2021

Kades juga berterimakasih karena sejak tahun 2021, Kilang Pertamina Plaju telah hadir lewat Program Bahari Sembilang Mandiri di Dusun Sembilang, Desa Sungsang IV.

Program ini merupakan bagian dari inisiatif TJSL/CSR Bahari Sembilang Mandiri yang dijalankan Refinery Unit III Plaju (Kilang Pertamina Plaju) telah memberikan bantuan dan kegiatan beragam.

Melalui program ini, dilakukan penanaman mangrove di TN Sembilang seluas 10 hektar dengan total 33.000 bibit pohon, pemasangan solar cell untuk mendukung kemandirian energi desa dengan kapasitas 6 KWP, pembangunan pondok wisata dan infrastruktur jembatan wisata, demplot untuk pembibitan mangrove dan budidaya anggrek, serta berbagai kegiatan pemberdayaan masyarakat dan peningkatan kesehatan.

BACA JUGA:Kilang Pertamina Plaju Jadi Winner di Ajang Bergengsi World Petroleum Council Excellence Awards 2023

Program TJSL/CSR PT KPI RU III Plaju ini telah berjalan sejak tahun 2021 hingga 2024 dengan kerjasama erat bersama Balai Taman Nasional Berbak dan Sembilang.

Dan saat ini, Project Sumatera di bawah Direktorat Proyek Infrastruktur PT KPI juga turut aktif dengan memfasilitasi pengolahan perhutanan sosial dalam skema hutan desa.

Langkah ini bertujuan untuk mendukung inovasi sosial dan lingkungan serta meningkatkan taraf hidup masyarakat Desa Sungsang IV.

BACA JUGA:Antar Masyarakat Raih Proklim Lestari dan Proklim Utama, Kilang Pertamina Plaju Diapresiasi Menteri LHK RI

Sumber: