Dukung Target Net Zero Emission, Kilang Pertamina Plaju Lakukan Uji Emisi Kendaraan Perusahaan

Dukung Target Net Zero Emission, Kilang Pertamina Plaju Lakukan Uji Emisi Kendaraan Perusahaan

Uji emisi kendaraan dilakukan Kilang Pertamina Plaju selama dua hari pada Kamis dan Jumat (28-29 Desember 2023) di Gedung Balai Ria Komperta Plaju.--

PALEMBANG, RADARPALEMBANG.COM - Kilang Pertamina Plaju melakukan uji emisi pada kendaraan perusahaan sebagai komitmen dalam mencapai target Net Zero Emission (NZE).

Uji emisi dilakukan sebagai bagian dari bentuk dukungan dari Pertamina dalam rangka mendukung aspirasi Indonesia untuk target nol emisi karbon (Net Zero Emission) pada 2060 mendatang.

"Giat uji emisi ini dilakukan dalam rangka mengurangi emisi gas rumah kaca (GRK) serta mencegah pemanasan global,"kata Area Manager Communication, Relations dan CSR Kilang Pertamina Plaju Siti Rachmi Indahsari, Sabtu 30 Desember 2023.

Emisi gas yang dihasilkan oleh pembakaran kendaraan bermotor pada umumnya berdampak negatif terhadap Lingkungan. 

BACA JUGA:Wow, Kilang Pertamina Plaju Sumbang PBB dan BPHTB Terbesar Kota Palembang Tahun 2023

Oleh sebab itu, perlu diambil beberapa langkah untuk dapat mengendalikan gas buang yang dihasilkan.

"Salah satu caranya dengan pemeriksaan atau uji Emisi berkala untuk mengetahui kandungan gas buang kendaraan sehingga dapat dilakukan pemeliharaan terhadap kendaraan tersebut,"ungkap dia.

Uji Emisi Kendaraan ini juga sejalan dengan Program Langit Biru.

Program Langit Biru merupakan pengendalian pencemaran udara yang bertujuan untuk mengendalikan dan mencegah pencemaran udara dan mewujudkan perilaku sadar lingkungan yang dicanangkan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

BACA JUGA:Selama Nataru, Kilang Pertamina Plaju Jamin Pasokan BBM ke Masyarakat Tetap Aman

Melalui uji emisi kendaraan ini juga, Kilang Pertamina Plaju menegaskan bentuk kontribusi langsung dalam mengurangi dampak emisi gas buang terhadap kesehatan lingkungan tanpa mengesampingkan performa kendaraan.

Uji emisi kendaraan dilakukan selama dua hari pada Kamis dan Jumat (28-29 Desember 2023) di Gedung Balai Ria Komperta Plaju.

Total kendaraan yang ikut uji emisi sebanyak 157 unit yang terdiri dari mobil dinas operasional, fire truck (damkar) dan kontraktor. 

Dari total kendaraan yang masuk, seluruh kendaraan dinyatakan lulus uji emisi, memenuhi baku mutu sesuai dengan Keputusan Menteri Lingkungan Hidup (LH) No. 5 Tahun 2006.

Sumber: