Kilang Pertamina Plaju Sabet PROPER Emas Kedua Kalinya dari KLHK RI

Kilang Pertamina Plaju Sabet PROPER Emas Kedua Kalinya dari KLHK RI

Penghargaan PROPER predikat Emas pada tahun 2023 diserahkan langsung oleh Wakil Presiden Republik Indonesia Ma'ruf Amin kepada Direktur Utama PT Kilang Pertamina Internasional Taufik Adityawarman di Hotel Bidakara, Rabu 20 Desember 2023. --

JAKARTA, RADARPALEMBANG.COM — PT Kilang Pertamina Internasional Refinery Unit III Plaju (Kilang Pertamina Plaju) untuk kedua kalinya perusahaan terhadap PROPER predikat Emas pada tahun 2023. 

Penyerahan PROPER dilangsungkan pada Anugerah Lingkungan yang diadakan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia (KLHK RI).

Penghargaan ini diserahkan langsung oleh Wakil Presiden Republik Indonesia Ma'ruf Amin kepada Direktur Utama PT Kilang Pertamina Internasional Taufik Adityawarman di Hotel Bidakara, Rabu 20 Desember 2023. 

Penganugerahan predikat PROPER Emas ini menunjukkan Kilang Pertamina Plaju dalam operasionalnya telah melaksanakan praktik terbaik dalam kepatuhan pada aspek lingkungan melebihi yang dipersyaratkan (beyond compliance).

BACA JUGA:Kilang Pertamina Plaju Jadi Winner di Ajang Bergengsi World Petroleum Council Excellence Awards 2023

Bahkan Kilang Pertamina Plaju dapat dalam operasionalnya menjadi praktik terbaik (best practice).

Adapun Kilang Pertamina Plaju ini berhasil melakukan efisiensi atau penghematan energi sebesar 529.410,43 Gigajoule (GJ) dari penurunan konsumsi fuel dan stop unit 88 Distillate dan Substitusi Feed Unit Alkylasi.

Di samping itu, program redukasi  pemakaian n-Heptana berhasil mereduksi limbah B3 sebesar 0,034 ton, serta berhasil menurunkan emisi sebesar 3592,01 ton melalui program BOX Cooler Minimize Loss Naphta (BOXER MINION).

Kilang Pertamina Plaju merupakan perusahaan yang mengolah minyak mentah menjadi produk Bahan Bakar Minyak (BBM), Non BBM dan Petrokimia. 

BACA JUGA:Antar Masyarakat Raih Proklim Lestari dan Proklim Utama, Kilang Pertamina Plaju Diapresiasi Menteri LHK RI

Adapun kapasitas Kilang Pertamina Plaju yang berkedudukan di Sumatera Selatan ini sebesar 126.000 Barrels Crude Oil per Day.

Perusahaan yang berdiri di pinggir Sungai Musi ini pada tahun 2022 lalu juga berhasil meraih PROPER predikat Emas untuk pertama kalinya.

General Manager Kilang Pertamina Plaju Yulianto Triwibowo mengatakan raihan prestasi ini berkat kerja keras dan dukungan berbagai pihak dalam menjalankan program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) yang memberikan dampak positif kepada masyarakat. 

"Kami bersyukur dengan penghargaan ini, menunjukkan bahwa komitmen kita sebagai perusahaan energi, mampu berdampingan harmonis dengan lingkungan," katanya, Rabu 20 Desember 2023.

Sumber: