Wow, Kilang Pertamina Plaju Sumbang PBB dan BPHTB Terbesar Kota Palembang Tahun 2023

Wow, Kilang Pertamina Plaju Sumbang PBB dan BPHTB Terbesar Kota Palembang Tahun 2023

Kilang Pertamina Plaju menjadi penyumbang Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) serta Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan (BPHTB) terbesar di Kota Palembang tahun 2023. --

PALEMBANG, RADARPALEMBANG.COM — PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) Refinery Unit III Plaju (Kilang Pertamina Plaju) berkontribusi terhadap peningkatan pendapatan asli daerah (PAD) kota Palembang. 

Hal ini dibuktikan dengan menjadi penyumbang Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) serta  Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan (BPHTB) terbesar di Kota Palembang tahun 2023. 

Adapun besaran PBB yang disetorkan oleh Kilang Pertamina Plaju tahun 2023 yakni mencapai Rp 73,2 miliar. 

Sedangkan setoran BPHTB yang disetorkan Kilang Pertamina Plaju sebesar Rp 18 miliar.

BACA JUGA:Kilang Pertamina Plaju Sabet PROPER Emas Kedua Kalinya dari KLHK RI

Atas capaian tersebut, Pejabat Sekretariat Daerah Kota Palembang Gunawan menganugerahkan penghargaan kepada Kilang Pertamina Plaju sebagai perusahaan pemberi pajak tertinggi sepanjang 2023. 

"Kami berterima kasih kepada seluruh pihak yang telah berkontribusi pada penerimaan pajak tahun ini," katanya pada kegiatan Rapat Kerja Koordinasi dan Evaluasi Penerimaan Pajak Daerah Tahun 2023 serta Penerimaan Penghargaan kepada Wajib Pajak, Kamis 28 Desember 2023.

Gunawan menjelaskan, program pungutan pajak daerah merupakan upaya yang berperan dalam desentralisasi fiskal dan mengurangi ketergantungan dengan pemerintah pusat. 

"Semakin besar penerimaan daerah maka semakin besar PAD yang akan didapat," jelas Gunawan.

BACA JUGA:Kilang Pertamina Plaju Jadi Winner di Ajang Bergengsi World Petroleum Council Excellence Awards 2023

Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Palembang Herly Kurniawan menyebut hingga Kamis 28 Desember 2023, capaian Pajak Kota Palembang sudah mencapai Rp1,14 triliun dari target 1,13 lebih. 

Raihan ini melebihi target yang dipasang sejak awal tahun lalu yaitu 101 persen.  

"Tahun 2022 lalu capaian pajak kita 108 persen, tahun ini masih di bawah tahun lalu namun secara keseluruhan tergolong baik karena merata di semua sektor,"ujarnya. 

Area Manager Communication, Relations dan CSR Siti Rachmi Indahsari menegaskan Kilang Pertamina Plaju siap mendukung penuh pembangunan kota Palembang, termasuk dari sokongan pemberian pajak 

Sumber: