Mengenal Teknologi AR di Industri 4.0 yang Buat Dunia Maya Tampak Nyata, Bisa Mencakup Modalitas Sensorik?

Mengenal Teknologi AR di Industri 4.0 yang Buat Dunia Maya Tampak Nyata, Bisa Mencakup Modalitas Sensorik?

Kemajuan revolusi teknologi industri 4.0 ditandainya dengan banyaknya hadir jenis-jenis teknologi salah satunya AR yang akan mempermudah kehidupan manusia--

BACA JUGA:Kemkominfo, Smartfren dan Lynk Uji Coba Teknologi Satelit untuk Sinyal Wilayah Terluar Indonesia

Tak hanya Augmented Reality (AR), teknologi industri 4.0 juga memiliki beberapa jenis lainnya, seperti :

1. Cyber security 

Serangan digital atau kejahatan digital yang sering terjadi membuat perkembangan didunia digital. Cyber security ini dikembangkan untuk melindungi digital dari tindakan yang tidak bertanggung jawab yang dilakukan oleh pelaku kejahatan digital.

2. Artificial Intelligence (AI)

Perkembangan AI ini merupakan perkembangan teknologi 4.0 yang dirancang untuk dapat menganalisis suatu data dengan tingkat kecerdesannya seperti manusia. 

3. Simulation 

Aplikasi ini biasanya digunakan untuk menguji sebuah sistem. Lewat simulasi ini pengguna dapat melihat keoptimalan suatu sistem yang akan dikerjakan.

4. Perkembangan printer 3D 

Teknologi ini sangat berpengaruh pada dunia desain dan dunia industri. Karena printer 3D atau Additive Manufacturing ini membuat gambar digital 2D dicetak menjadi nyata dengan ukuran dan bentuk yang sama seperti desain.

5. Integrasi Sistem

Integrasi sistem ini dapat memudahkan pekerjaan karena tujuannya sendiri adalah untuk menghubungkan setiap sistem yang ada agar dapat bekerja bersamaan, sehingga data yang dihasilkan menyatu dengan baik.

6. Cloud Computing

Teknologi ini merupakan penyimpanan berbagai layanan dan data melalui internet. Cloud computing ini sendiri paling sering digunakan karena meningkatkan produktivitas, kecepatan dan keamanan bagi penggunanya.

7. IoT

Sumber: