Mengenal Teknologi AR di Industri 4.0 yang Buat Dunia Maya Tampak Nyata, Bisa Mencakup Modalitas Sensorik?

Mengenal Teknologi AR di Industri 4.0 yang Buat Dunia Maya Tampak Nyata, Bisa Mencakup Modalitas Sensorik?

Kemajuan revolusi teknologi industri 4.0 ditandainya dengan banyaknya hadir jenis-jenis teknologi salah satunya AR yang akan mempermudah kehidupan manusia--

AR jenis ini menggunakan marker atau penanda objek yang dapat dibaca melalui media webcame pada ponsel, komputer, ataupun tablet.

Biasanya hal yang paling umum digunakan adalah kode QR yang dijadikan sebagai simbol khususnya. 

Untuk cara kerja AR ini cukup mudah, pengguna hanya perlu memposisikan webcame pada kode QR tersebut.

Dan nantinya marker akan menampilkan objek 2D ataupun 3D yang dapat langsung dilihat oleh pengguna. Contoh penggunaan marker ini sendiri ada pada filter instagram.

Pada saat sekarang Aumented Reality (AR) dapat dengan mudah digunakan oleh pengguna samrphone. 3 aplikasi Augmented Reality (AR) yang dapat diunduh adalah :

BACA JUGA:Telkomsel Hadirkan Teknologi VR Tourism di KTT AIS Forum 2023, Apa Itu?

1. Assemblr Edu

Dengan aplikasi ini pengguna dapat membuat objek 3D dan animasi dengan mudah, sebab aplikasi ini sendiri menggabungkan konsep virtual dan AR.

Aplikasi ini sendiri cocok digunakan sebagai memvisualisasikan dunia maya ke dunia nyata secara interaktif.

2. Arloopa

Pengabungan AR dengan teknologi pemrosesan citra untuk pembelajaran yang interaktif. Aplikasi ini sangat cocok untuk anak-anak yang masih bersekolah.

3. GeoGebra AR 

Aplikasi ini juga sama dengan 2 aplikasi lainnya, dimana aplikasi ini juga dapat memvisualisasikan dunia maya ke dalam dunia nyata secara interaktif.

Teknologi AR saat ini kian berkembang pesat bahkan sudah mencakup modalitas sensorik seperti visual, haptik, pendengaran, penciuman. 

Biasanya AR ini digunakan untuk industri manufaktur, militer, kesehatan, dan hiburan seperti game. 

Sumber: