Kenalan Sama Pound Fit Yuk, Olahraga dengan Stik Seperti Bermain Drum, Baik Bagi Kesehatan Fisik dan Mental

Kenalan Sama Pound Fit Yuk, Olahraga dengan Stik Seperti Bermain Drum, Baik Bagi Kesehatan Fisik dan Mental

Pound fit merupakan salah satu olahraga menggunakan stik layaknya sedang bermain drum yang punya manfaat bagi kesehatan fisik dan mental--

Meski begitu, perlu diingat bahwa jumlah kalori yang dibakar bisa berbeda-beda tiap orang karena dipengaruhi oleh faktor usia, intensitas latihan, dan berat badan.

BACA JUGA:Waspada! Kulit Belang Saat Musim Panas, Ini Solusi Efektif Mengatasinya

2. Meningkatkan kebugaran tubuh

Saat pertama kali mengikuti pound fit, Anda mungkin merasa lelah dan otot-otot terasa nyeri. Namun, saat tubuh telah terbiasa dengan latihan pound fit secara teratur, misalnya 2 kali seminggu, rasa lelah perlahan-lahan akan mereda.

Nantinya, Anda bisa lebih bugar dan justru jadi tidak mudah lelah.

3. Menguatkan otot lengan, paha, kaki, dan pinggul

Selama pound fit, Anda akan berulang kali menggerakkan otot-otot besar di lengan, paha, kaki, dan pinggul. Latihan kardio ini dapat meningkatkan aliran darah yang membawa oksigen ke otot-otot sehingga otot bekerja lebih keras dan efisien.

Dalam jangka panjang, latihan pound fit yang teratur bisa membuat otot lebih kuat.

4. Menurunkan tingkat stres

Latihan pound fit juga bisa menjadi cara yang efektif untuk melepas stres. Bagaimana tidak, pound fit terasa menyenangkan karena diiringi dengan lagu-lagu yang energik atau bisa juga lagu dari band kesukaan Anda.

BACA JUGA:Waspada! Ternyata Polusi Juga Berbahaya Bagi Kulit Bukan Hanya Pernafasan, Ini Cara Mencegahnya

Selain itu, selama latihan kardio ini, tubuh akan melepaskan endorfin. Endorfin adalah zat kimia yang dapat meningkatkan suasana hati, membuat tubuh lebih rileks, serta mengurangi rasa cemas dan gejala depresi ringan.

5. Meningkatkan fungsi otak

Selama pound fit, koordinasi otak dan anggota gerak akan dilatih supaya gerakan sesuai dengan irama lagu. Ditambah lagi, latihan kardio ini juga dapat meningkatkan aliran darah ke otak.

Dalam jangka panjang, melakukan pound fit secara rutin bisa meningkatkan daya ingat dan kemampuan otak untuk berpikir, mengurangi penurunan fungsi otak seiring bertambangnya usia, serta menurunkan risiko terjadinya penyakit Alzheimer dan demensia.

Sumber: