Lahirkan Juara Baru, Uruguay sukses Tumbangkan Italia (1-0) di Final Piala Dunia U-20

Lahirkan Juara Baru, Uruguay sukses Tumbangkan Italia (1-0) di Final Piala Dunia U-20

Timnas Uruguay akhirnya berhasil menjadi juara Piala Dunia U-20 setelah mengalahkan Italia dengan skor tipis (1-0)--

ARGENTINA, RADARPALEMBANG.COM - Timnas Uruguay akhirnya berhasil menjadi juara Piala Dunia U-20 setelah mengalahkan Italia dengan skor tipis (1-0).

Diketahui Uruguay sebelumnya pernah dua kali melaju ke babak final namun harus puas menempati posisi kedua, pada 1997 dan 2013.

Laga yang mempertemukan Uruguay  VS Italia tersebut dimainkan di Stadion Ciudad de La Plata di Buenos Aires, Argentina.  pada, Senin 12 Juni 2023 dini hari WIB.

Sepanjang jalannya pertandingan, Uruguay memang kalah dalam hal penguasaan bola dari Italia. Menurut statistik Sofa Score, Uruguay hanya memegang 46 persen ball possession.

BACA JUGA:Italia Siap Bertemu Uruguay di Final Piala Dunia U-20, Simak Prediksi Pertandingannya di Sini

Pertandingan berlangsung cukup ketat sejak awal. Baik Uruguay maupun Italia kesulitan menembus pertahanan lawan. Skor 0:0 adalah skor di babak pertama.

Di babak kedua, permainan masih relatif berimbang. Pada menit ke-81, wasit memberikan kartu merah kepada gelandang Italia Matteo Prati. Namun wasit mengubah keputusannya menjadi kartu kuning setelah melihat layar VAR.

Lima menit kemudian, Uruguay berhasil mencetak gol dengan sundulan Luciano Rodríguez. Namun, setelah berkonsultasi panjang dengan tim VAR, wasit mengesahkan gol tersebut.

Italia mencoba untuk berusaha membalas. Namun, tidak ada lagi gol yang tercipta di sisa waktu. Hasil akhir pertandingan ini adalah kemenangan 1-0 untuk Uruguay. 

BACA JUGA:Uruguay Melaju ke Final Piala Dunia U-20 Usai Kalahkan Israel 1-0

Pelatih Uruguay U20 Marcelo Broli mengaku bingun saat harus mengungkapkan kebahagiaannya. Bagaimanapun, ia mendedikasikan gelar untuk para penggemar tim nasional U-20 Uruguay.

”Kegembiraan yang saya miliki tidak masuk ke dada saya (sampai sesak napas). Saya ingin membaginya dengan seluruh Suporter Uruguay.” Kata Marcelo Broli.

Daftar Peraih Gelar Juara Piala Dunia U-20

Setelah melewati edisi 2023, Argentina masih belum tergeser dari puncak daftar peraih gelar terbanyak di Piala Dunia U-20. Mereka sudah enam gelar, unggul satu dari Brasil.

Sumber: