UPDATE! 29 Jemaah Haji Indonesia Wafat, 23 Wafat di Madinah 6 Wafat di Makkah

UPDATE! 29 Jemaah Haji Indonesia Wafat, 23 Wafat di Madinah 6 Wafat di Makkah

Salah seorang jemaahyang dirawat di rumah sakit di Madinah usai mengalami serangan jantung.--kemenag.go.id

JAKARTA, RADARPALEMBANG.COM - Update, berikut perkembangan seputar jemaah haji Indonesia di tanah suci. Per hari ini, Jumat 8 Juni 2023 sebanyak 29 jemaah haji wafat, 23 jemaah wafat di Madinah dan 6 jemaah wafat di Makkah.

Jemaah haji reguler Indonesia dipastikan akan mendapatkan asuransi jiwa dan asuransi kecelakaan.

Hal ini ditegaskan Direktur Layanan Haji dalam Negeri Saiful Mujab, yang mengatakan asuransi diberikan sejak jemaah masuk asrama, waktu pemberangkatan, dan ketika mereka masih di asrama saat pemulangan.

Jika setelah masuk asrama wafat, jemaah dapat asuransi sesuai Bipih (Biaya Perjalanan Ibadah Haji) yang disetorkan. Kalau kecelakaan, ada persentase perhitungan klaimnya tergantung tingkatan yang diderita.

BACA JUGA:Jemaah yang Wafat Setelah Masuk Asrama Haji Akan Dibadalhajikan

Ada juga extra cover. Jemaah haji yang wafat di pesawat, akan mendapat extra cover sebesar Rp125 juta.

"Ini bagian dari upaya pelindungan jemaah," terang Saiful Mujab di Jakarta, Jumat 9 Juni 2023.

Berdasarkan data Siskohat, sampai saat ini sudah ada 29 jemaah wafat. Sebanyak 23 jemaah wafat di Madinah dan 6 jemaah wafat di Makkah.

Kuota haji Indonesia tahun ini kembali normal sebanyak 221.000 orang, terdiri 203.320 jemaah haji reguler dan 17.680 jemaah haji khusus. Indonesia juga mendapat tambahan 8.000 kuota dari Arab Saudi.

BACA JUGA:Jangan Paksakan Diri! Berikut Ini Beberapa Kemudahan dalam Menjalani Ibadah Haji

Operasional ibadah haji telah berjalan sejak 23 Mei 2023. Jemaah haji secara bertahap masuk ke Asrama Haji masing-masing embarkasi. Sehari setelahnya, jemaah mulai diberangkatkan ke Arab Saudi.

Pemberangkatan jemaah haji Indonesia gelombang pertama menuju Bandara Amir Muhammad bin Abdul Aziz (AMAA) Madinah berakhir pada hari ini.

Ditutup dengan kedatangan jemaah kloter 38 Embarkasi Jakarta – Bekasi (JKS 38). Total, ada 263 kloter dengan 100.001 jemaah yang mendarat di Madinah dari 24 Mei – 8 Juni 2023.

Sejak 1 Juni 2023, jemaah yang tiba di Madinah secara bertahap diberangkatkan menuju Makkah. Sampai hari ini pukul 01.00 WIB, tercatat ada 120 kloter dengan 46.341 jemaah yang sudah tiba di Makkah dari Madinah.

Sumber: