Khidmat Perayaan Waisak di Borobudur Ditutup dengan Festival Lampion

Khidmat Perayaan Waisak di Borobudur Ditutup dengan Festival Lampion

Khidmat Perayaan Waisak di Borobudur Ditutup dengan Festival Lampion--

MAGELANG, RADARPALEMBANG.COM - Ribuan umat Buddha nampak khidmat merayakan puncak peringatan hari Waisak Candi Borobudur, Magelang Jawa Tengah. Minggu 4 Juni 2023.

Prosesi berjalan dari Candi Mendut menuju Candi Borobudur mengawalai peringatan Puncak Hari Tri Suci Waisak 2567 BE/2023.

Kemudian acara dilanjutkan dengan pemukulan gong sebanyak tiga kali dan pemercikan air suci, membacakan paritta Jayanto, umat bersikap Anjali. 

Dan pada akhinya Festival Lampion di Taman Lumbini Candi Borobudur, pada pukul 19.30 di zona 2 Candi Borobudur menjadi penutup puncak peringatan hari Waisak 2023.

BACA JUGA:Kapan Hari Raya Waisak 2023?, Berikut Rangkaian Acara Perayaannya

Wakil Menteri Agama (Wamenag) Zainut Tauhid Sa'adi yang hadir pada acara tersebut mengajak seluruh umat Buddha untuk menjunjung tinggi sikap toleransi, baik dalam internal maupun antarumat beragama. 

Menurut Zainut Tauhid dalam sambutannya sikap demikian sangat penting mengingat bangsa Indonesia adalah bangsa yang sangat majemuk dengan beragam suku, agama, dan ras.

''Sebagai negara yang majemuk, bangsa Indonesia dituntut untuk memiliki rasa toleransi yang sangat tinggi demi menjaga perdamaian serta keutuhan Bangsa Indonesia," kata Zainut Tauhid.

Lebih lanjut Wamenag menjelaskan, toleransi merupakan suatu sikap terbuka untuk menerima, mendengar pendapat orang lain yang berbeda. 

BACA JUGA:Apa itu Ritual Yi Fo? Upacara Jelang Hari Waisak, Berikut Tata Caranya.

Toleransi tidak akan pernah merusak keyakinan. ''Kita meyakini yang menurut kita benar, tapi kita menghormati keyakinan saudara kita yang lain," ungkapnya.

 

 

Sumber: