Dapil Neraka di PALI Langsung Pastikan Tiga Dewan Petahana Gagal

Dapil Neraka di PALI Langsung Pastikan Tiga Dewan Petahana Gagal

Anggota DPRD PALI yang sedang melakukan rapat. Dipastikan sudah ada tiga petahana yang akan gugur pada Pileg 2024 nanti.-dok dprd pali-

PALI, RADARPALEMBANG.COM - Sebanyak 25 anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI), tiga di antaranya dipastikan lengser, karena berada di dapil neraka pada Pileg 2024 mendatang.

Dapil neraka karena meski kuota kursi dewan bertambah di Kabupaten PALI dari 25 menjadi 30, namun ada dua dapil itu saat ini terdapat 10 anggota dewan  petahana, sementara kuota yang diperebutkan hanya 7 kursi.

Apalagi pada pendaftaran berkas bakal calon legislatif (bacaleg) yang diserahkan partai politik (parpol) ke KPU pada tahapan penerimaan berkas, seluruh anggota dewan PALI kembali mencalonkan diri pada kontestasi pesta demokrasi tahun 2024 mendatang.

Dari keterangan Ketua KPU PALI Sunario melalui Divisi Teknis Sarwo Edy didampingi Divisi Sosialisasi dan SDM Abdul Rahman saat ditemui media ini beberapa hari lalu, dua dapil yang disebut dapil neraka adalah Dapil 3 (Penukal Utara) dan Dapil 5 (Abab).

BACA JUGA:Pancaroba di PALI, Dinkes Himbau Waspada DBD dan Perbanyak Minum Air Putih

Menurut Sarwo Edy bahwa pada Dapil 3, kuota yang diperebutkan 3 kursi, sedangkan anggota dewan petahana saat ini ada 4 orang.

"Artinya satu anggota dewan petahana harus legowo tinggalkan posisinya saat ini. Itu pun kalau tidak ada nama baru terpilih jadi anggota legislatif," ucap Sarwo Edy.

Kemudian Sarwo Edy tambahkan, pada Dapil 5, kuota yang tersedia 4 kursi sementara anggota dewan petahana ada 6 orang.

"Sama halnya di Dapil 5, harus ada 2 anggota dewan petahana yang lengser. Itu juga kalau tidak ada nama baru terpilih. Kalau ada nama baru terpilih jadi anggota dewan, maka dipastikan dewan petahana bertambah yang tumbang," tambahnya.

BACA JUGA:Warga PALI ‘Berburu’ Surat Bebas Narkoba ke BNNK Prabumulih, Ini Tujuannya

Sarwo Edy akui, memang terdapat nama anggota dewan dari Dapil Penukal Utara yang pindah dapil ke Talang Ubi, yaitu Suarno dari Partai Golkar, namun tidak akan  mempengaruhi bakal gugurnya tiga anggota dewan petahana pada pemilu mendatang.

"Suarno,  anggota dewan petahana dari Penukal Utara tercatat pindah ke Dapil 2 Talang Ubi. Namun dari Dapil Talang Ubi, nama Aswawi Mansyur  anggota dewan petahana dari PPP pindah ke Dapil 3," terangnya.

Sementara itu, Aswawi Mansyur, anggota DPRD PALI petahana dari PPP membenarkan dirinya pindah ke Dapil 3, padahal dapil tersebut terketat dalam meraih kursi. "Iya benar, saya pindah dapil," ucapnya singkat dan belum bersedia memberikan alasannya.

Adapun nama anggota DPRD PALI petahana dari Dapil 3 adalah H Asri AG dari PDIP, Suarno dari Partai Golkar, H Amran dari PBB dan Basuki Rahmat dari Partai Gerindra.

Sumber: