Pecco Bagnaia Juara MotoGP Spanyol 2023 yang Penuh Drama

Pecco Bagnaia Juara MotoGP Spanyol 2023 yang Penuh Drama

Pecco Bagnaia keluar sebagai juara Disusul duo KTM yakni Brad Binder dan Jack Miller yang juga berhasil meraih podium di MotoGP Spanyol 2023--Tangkap Layar Twitter/ @MotoGP

BACA JUGA:Inilah Penyebab Meredupnya Honda dan Yamaha Dikanca MotoGP

Terbukti saat lap ke-7, pebalap asal Australia ini hendak disalip oleh Jorge Martin namun Miller melebarkan posisi di racing line-nya, membuat Martin tidak bisa mengambil posisi ketiga dan justru disalip oleh Aleix Espargaro.

Namun Aleix Espargaro melebar saat hendak menikung ke kanan di lap ke-12. Hal ini membuat Jorge Martin dan Johann Zarco berhasil merebut posisi keempat dan kelima.

Mayoritas pebalap menggunakan ban medium-medium, ini yang membuat jalannya lomba sangat kompetitif dan agresif, khususnya di urutan tiga besar.

Pecco Bagnaia terus meningkatkan pace balapnya, menjaga jarak dengan Miller hingga selisih 0,1 detik saja dan berhasil masuk ke posisi 2 pada lap ke-16.

BACA JUGA:Setelah Valentino Rossi, Kejayaan Italia Dilanjutkan Pecco Bagnaia Juara MotoGP 2022

Saat balapan menyisakan 9 lap, keseruan terjadi untuk memperebutkan posisi 8-10. Duel sengit terjadi antara Dani Pedrosa, Maverick Vinales, dan Alex Marquez.

Namun sejak balap menyisakan 9 lap lagi, Alex Marquez justru berkali-kali melakukan kesalahan dan membuat posisinya direbut oleh Marco Bezzecchi.

Namun satu lap setelahnya, ada crash terjadi dan membuat posisi berubah. Kali ini, duel duo pebalap tim satelit Ducati antara Martin-Zarco memakan korban.

Zarco crash di sektor 2 lap ke-17. Selain Zarco, Marco Bezzecchi yang juga sempat crash di balapan awal sebelum red flag, ternyata harus kehilangan kendali akan motornya kembali dan terjatuh tidak jauh dari posisi Zarco crash.

BACA JUGA:Sempat Tertinggal 91 Poin, Pecco Mampu Menyalip Fabio Quartararo dan Menjadi Juara MotoGP 2022

Pecco Bagnaia menunjukkan mental juaranya. Meski dikepung oleh duo pebalap pabrikan KTM, ia berhasil berkali-kali menaikkan pace balapnya dan mencuri posisi terdepan.

Binder yang tak tahan menjaga racing line-nya harus mengalah di tikungan terakhir lap ke-22.

Brad Binder tak mau menyerah begitu saja. Hingga lap terakhir dirinya masih mengekor dengan gap 0,2 hingga 0,1 detik dari Pecco Bagnaia.

Sayang pebalap asal Afrika Selatan ini ternyata belum bisa mengambil kembali posisi pertama, dan harus puas finish dengan catatan waktu yang sangat tipis di belakang Pecco Bagnaia.

Sumber: