Pusri Palembang dan PT KAI Kerjasama Distribusi Pupuk, Guna Antisipasi Ramainya Arus Mudik Jalur Darat

Pusri Palembang dan PT KAI Kerjasama Distribusi Pupuk, Guna Antisipasi Ramainya Arus Mudik Jalur Darat

Direktur Utama Pupuk Sriwidjaja Tri Wahyudi Saleh dalam acara Peresmian Kerjasama Angkutan Pupuk Subsidi Menggunakan Kereta Api antara PT Pupuk Sriwidjaja (Pusri) Palembang dan PT Kereta Api Indonesia (KAI) di Gudang Pupuk Brebes, Jawa Tengah, Selasa 4 Ap--doc radarpalembang.disway.id

BREBES, RADARPALEMBANG.COM – PT Pupuk Indonesia (Persero), melalui anak usahanya PT Pupuk Sriwidjaja (Pusri) Palembang, melakukan kerjasama PT Kereta Api Indonesia (KAI) untuk mendistribusikan pupuk bersubsidi.

Kerjasama PT Pupuk Sriwidjaja (Pusri) Palembang dan PT Kereta Api Indonesia (KAI) dilakukan sebagai upaya untuk meningkatkan keandalan distribusi.

Selain itu, kerjasama PT Pupuk Sriwidjaja (Pusri) Palembang dan PT Kereta Api Indonesia (KAI) dilakukan sebagai antisipasi kepadatan jalur darat menjelang arus mudik dan balik Lebaran Tahun 2023.

Adanya kerjasama yang dilakukan PT Pupuk Sriwidjaja (Pusri) Palembang dan PT Kereta Api Indonesia (KAI) mempunyai keunggulan yakni dapat mempercepat waktu penyaluran distribusi pupuk bersubsidi dengan moda angkutan kereta api. 

BACA JUGA:Pusri Telah Salurkan Pupuk Bersubsidi Hampir 400 Ribu Ton

Hal ini diungkapkan, Direktur Utama Pupuk Sriwidjaja Tri Wahyudi Saleh dalam acara Peresmian Kerjasama Angkutan Pupuk Subsidi Menggunakan Kereta Api antara PT Pupuk Sriwidjaja (Pusri) Palembang dan PT Kereta Api Indonesia (KAI) di Gudang Pupuk Brebes, Jawa Tengah, Selasa 4 April 2023.

“Kalau kita pakai truck mungkin bisa 4-5 jam dari Cilacap, kalau ini (kereta api) 3 jam sudah sampai sini (gudang), tepat waktu,” ungkap Tri Wahyudi seperti dilansir dari laman resmi pusri.co.id.

Selain itu, kerjasama PT Pupuk Sriwidjaja (Pusri) Palembang dan PT Kereta Api Indonesia (KAI) terkait pendistribusian pupuk bersubsidi dengan kereta api sangat efektif dan efisien. 

“Satu rangkaian kereta terdiri dari 10 gerbong dengan jumlah pupuk yang diangkut sekitar 300 ribu ton sekaligus, atau estimasi 1 gerbong membawa 30 ton,”kata Tri Wahyudi Saleh. 

BACA JUGA:Kolaborasi Pusri Bersama Relawan Bakti BUMN Palembang Jadikan Pulau Kemaro SESERA

Tak hanya untuk Gudang Pupuk Brebes, Jawa Tengah, kerjasama PT Pupuk Sriwidjaja (Pusri) Palembang dan PT Kereta Api Indonesia (KAI) terkait distribusi pupuk dapat diperluas ke gudang-gudang lainnya.

Tentunya distribusi pupuk yang dilewati oleh jalur rel kereta api khususnya di Jawa Tengah dan Jawa Timur, sebagai upaya untuk meningkatkan kecepatan salur dan ketepatan waktu dalam distribusi pupuk bersubsidi.   

Langkah PT Pupuk Sriwidjaja (Pusri) Palembang dan PT Kereta Api Indonesia (KAI) terkait distribusi pupuk ini untuk menepis isu yang banyak beredar, salah satunya pupuk tidak tepat waktu datangnya.

Dipilihnya jalur kereta api, sehingga kerjasama PT Pupuk Sriwidjaja (Pusri) Palembang dan PT Kereta Api Indonesia (KAI) ini menjadi salah satu solusi untuk memperbaiki moda transportasi. 

Sumber: