Pusri Palembang dan PT KAI Kerjasama Distribusi Pupuk, Guna Antisipasi Ramainya Arus Mudik Jalur Darat

Pusri Palembang dan PT KAI Kerjasama Distribusi Pupuk, Guna Antisipasi Ramainya Arus Mudik Jalur Darat

Direktur Utama Pupuk Sriwidjaja Tri Wahyudi Saleh dalam acara Peresmian Kerjasama Angkutan Pupuk Subsidi Menggunakan Kereta Api antara PT Pupuk Sriwidjaja (Pusri) Palembang dan PT Kereta Api Indonesia (KAI) di Gudang Pupuk Brebes, Jawa Tengah, Selasa 4 Ap--doc radarpalembang.disway.id

BACA JUGA:Ketua DPR RI Puan Maharani Kunjungi Mitra Binaan Pusri

Keunggulan lainnya jalur distribusi melalui jalur kereta api, yakni ketepatan waktu sampai semakin terkendali dikarenakan bebas dari kepadatan lalu lintas di jalan raya. 

“Dengan pendistribusian kereta api ini salah satu inovasi yang kita lakukan, di mana kita bisa  efektif, dan sebagai bentuk penyesuaian terhadap kebijakan pemerintah terkait Zero ODOL,” ungkap Veronika Trisna Sukmawati.

Hingga 31 Maret 2023, Pupuk Indonesia telah menyalurkan pupuk bersubsidi ke Brebes sebesar 15.548 ton atau 72 persen dari alokasi hingga Maret 2023 sebesar 21.629 ton. 

Rinciannya, pupuk urea telah tersalurkan 11.338 ton dan pupuk NPK sejumlah 4.210 ton. Adapun alokasi tahunan untuk pupuk subsidi di Kab. Brebes yaitu sebesar 41.000 ton Urea dan 14.500 NPK. 

BACA JUGA:Pastikan Pasokan Gas Bumi Tercukupi, PUSRI Teken Kontrak Gas Hingga 20 Tahun

Sedangkan saat ini stok pupuk bersubsidi di seluruh gudang yang ada di wilayah Brebes saat ini mencapai 8.712 ton. 

Rinciannya, pupuk urea berjumlah 7.352 ton, dan pupuk NPK berjumlah 1.359 ton dengan jumlah stok Urea dan NPK subsidi ini mencapai empat kali lipat dari stok minimum ketentuan Pemerintah sebesar 1.813 ton.

Pupuk Indonesia sendiri mengelola total 3 gudang pupuk di Brebes. Sementara untuk Jawa Tengah jumlah gudang yang dikelola mencapai 68 unit dengan total kapasitas 346 ribu ton. 

Selain Pusri Palembang, distribusi pupuk bersubsidi di Jawa Tengah juga dilakukan oleh anak usaha Pupuk Indonesia lainnya, yaitu Petrokimia Gresik.

Sumber: