Renovasi Stadion Gelora Sriwijaya Penuhi Standar FIFA Sebagai Venue Piala Dunia U-20 2023, Rampung Akhir Mare

Renovasi Stadion Gelora Sriwijaya Penuhi Standar FIFA Sebagai Venue Piala Dunia U-20 2023,  Rampung Akhir Mare

Ketua PSSI Erick Thohir bersama Menteri PU Basuki Hadimuljono dan Menpora didampingi Gubernur Sumsel saat meninjau progress renovasi Stadion Gelora Sriwijaya, Jakabaring Palembang. ---- antara

PALEMBANG, RADARPALEMBANG.COM -  Pemerintah Provinsi (Pemprov)  kebut pengerjaan renovasi Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring Palembang  untuk memenuhi standar FIFA sebagai venue  pertandingan Piala Dunia U-20 2023. 

Pemerintah menargetkan renovasi rampung pada akhir Maret 2023. Pasalnya, perwakilan delegasi FIFA akan mengunjungi Idonesia pada 21-27 Maret 2023. 

Sementara itu FIFA mensyarat semua stadion yang menjadi venue pertandingan Piala Dunia U-20 harus siap satu bulan jelang perhelatan digelar. Even Piala Dunia U-20 akan berlangsung dari 20 Mei sampai 11 Juni 2023.

FIFA akan akan melakukan survey dan mengecek kesiapan 6 stadion yang dicadangkan sebagai venue pertandingan Piala dunia U-20 2023. 

BACA JUGA:FIFA Ancam Coret Gelora Sriwijaya Sebagai Venue Piala Dunia U-20, Gubernur Sumsel Gerak Cepat Membenahi

Sebelumnya, FIFA telah melakukan survei dan memberikan sejumlah catatan terhadap kesiapan staduion venue pertandingan. Stadion Gelora Sriwijaya, Palembang  dan Stadion Manahan Solo mendapatkan catat kritis. 

Kepada Ketua PSSI Erick Thohir  FIFA menyampaikan, 2 stadion itu agar segera melengkapi fasilitas sesuai stadar FIFA sebagai venue pertandangan level dunia.  

BACA JUGA:Piala Dunia U-20 Terancam Batal Digelar di Palembang, Ada Opsi FIFA Coret Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring

Jika hingga akhir Maret, Stadion Gelora Sriwijaya dan Manahan Solo tidak dapat memenuhi standar maka  FIFA akan mencoret 2 stadion itu sebagai venue pertandingan. Artinya, even pila dunia U-20 hanya akan digelar di 4 stadion. 

Merespon catatan kritis dari FIFA itu, Ketua PSSI Erick Thohir bersama Menteri  PU Basuki Hadimuljono dan Menpora Zainudin Amali meninjau Stadion Gelora Sriwijaya pada Sabtu, 11 Maret 2023. Mereka didampingi Gubernur Sumsel H Herman Deru dan jajaran. 

BACA JUGA:6 Stadion Indonesai yang Menggelar Pertandingan Piala Dunia U-20, Salah Satunya ada di Palembang Loh

Bersama Gubernur Sumsel tampak juga Kepala Dinas Pekerjaan Umum Perkim Sumatera Selatan, Basyarudin Akhmad. 

Menurut Basyarudin Akhmad, Pemprov Sumsel akan langsung mengerjakan renovasi Stadion Gelora Sriwjaya . Fokus renovasi adalah memperbaiki berbagai fasilitas agar sesuai dengan standar FIFA sebagai venue pertandingan level dunia. 

Basyarudin Akhmad manargetkan renovasi akan rampung pada akhir Maret 2023. Target itu sesuai dengan kunjungan delegasi FIFA yang akan melakukan pengecekan terhadap 6 stadion yang sebelumnya sudah disulkan PSSI kepada FIFA. 

Sumber: