Alokasi Bansos Sembako Ramadhan dan Idul Fitri 2023 Untuk 21,6 Juta KK, Cek Syarat dan Penerima di Sini

Alokasi Bansos Sembako Ramadhan dan Idul Fitri 2023 Untuk 21,6 Juta KK, Cek Syarat dan Penerima di Sini

Menko Perekonomian Airlangga Hartarto menyampaikan pemerintah akan menyalurkan bansos sembako Ramadhan dan Idul Fitri 2023. --kemenko perekonomian

JAKARTA,RADARPALEMBANG.COM – Menteri Koordinator Bidang Perekonomian (Menko Perekonomian) menyampaikan, pemerintah telah memutuskan pemberian bansos  sembako Ramadhan dan Lembaran Idul Fitri 2023. Alokasi bansos sembako 2023 itu untuk 21,6 juta KK (Kepala Keluarga). 

Bantuan Sosial Sembilan Kebutuhan Pokok (Bansos Sembako) 2023 itu diperuntukkan untuk penerima maanfaat program keluarga harapan (PKH) dan penerima Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT).  

Seiring dengan keputusan itu, pemerintah juga telah menetapkan daftar penerima dan syarat untuk mendapatkan bansos Ramadhan dan Idul Fitri 2023. Masyarakat bisa mengeceknya melalui https://cekbansos.kemensos.go.id/

BACA JUGA:Apa Kabar BLT UMKM Rp1,2 Juta Tahun 2023? Kapan Cair? Cek Disini

Menurut  Manteri Koordinator Bidang Perekonomian (Menko Perekonomian) Airlangga Hartarto, tujuan pemerintah memberikan bansos untuk Bulan Ramadhan dan Idul Fitri 2023 adalah, bagian dari upaya menekan inflasi. 

Pada setiap Ramadhan dan lebaran Idul Fitri potensi terjadinya peningkatan inflasi selalu tinggi. Salah satu langkah tim pengendalian inflasi yang digawangi oleh Bank Indonesia dan Pemerintah adalah dengan memberikan bansos kepada masyarakat. 

BACA JUGA:Kendalikan Inflasi, Pemkot Palembang Segera Cairkan BLT BBM

Pemberian bansos itu diyakini akan mampu menahan terjadinya penurunan terhadap daya beli masyarakat. Momen Ramadhan dan Lebaran Idul Fitri, kebutuhan masyarakat  sangat banyak. 

Pada lain sisi, jika daya beli masyarakat dapat dijaga maka momentum lebaran Idul Fitri untuk mampu berbelanja akan terjaga. Hal itu akan berdampak positif terhadap pergerakan sektor riil ekonomi. 

Menurut Menko Airlangga, Bansos Rmadhan dan Idul Fitri akan berlanjut pada bulan berikutnya. ‘’Keputusan pemerintah, bansos 2023 akan diberikan untuk Bulan April, Mei dan Juni,’’ujar Airlangga mengutip dari laman ekon.go.id. 

BACA JUGA:BMI Demokrat Sumsel Nilai BLT BBM Kurang Tepat

Airlangga menjelas, bentuk bansos Ramadhan dan idul Fitri 2023 berupa pemberian 10 kg beras, telur dan ayam.  

Untuk penyaluran bansos sembako 2023 itu, pemerintah akan bekerjasama dengan Perum Bulog sebagai penyalurnya yang akan dimulai mulai Bulan Maret ini.

‘’Para keluarga penerima manfaat atau KPM akan menerima bansos BPNT ini berupa beras 10 kg telur, dan ayam. Jumlah alokasi calon penerimanya  sebanyak 21,6 juta KK,’’ungkap Menko Airlangga. 

Sumber: