Tokoh Inspirasi, Johannes Agus Taruna, Three Winning Si Guru Privat

Tokoh Inspirasi, Johannes  Agus Taruna, Three Winning Si Guru Privat

Johannes Agus Taruna adalah salah satu tokoh pendidikan di Sumsel. -salamun/radarpalembang.disway.id-



Bermula dari Musibah

Menjadi sukses dan membesarkan Super Bimbel GSC tak semudah yang dibayangkan. Jalan berliku dihadapi Johannes . Yang menarik berdirinya GSC bermula dari musibah.

Berawal dari peristiwa tabrak lari yang dialami sang ayah. Saat itu, Johannes  tercatat sebagai mahasiswa semester V di Fakultas MIPA Jurusan Matematika Universitas Sriwijaya.

Kritis. Semua panca-indra mengeluarkan darah. Johannes  sekeluarga pun pasrah. Meski demikian, Johannes  tetap berpikir. Ia bertekad harus menyelesaikan kuliahnya. Harus mampu mengambil peran ayahnya yang tengah terbaring. Meski satu bulan kemudian sembuh, Johannes  tetap meneruskan tekadnya. Apalagi kondisi sang ayah tak memungkinkan lagi untuk bekerja.

Dari sana ia pun memasang iklan les privat di sebuah koran lokal. Hasilnya, ia mendapat telepon yang meminta agar Johannes  mengajar. Namun, Johannes  sempat bingung. Bukan soal bayaran atau hal lainnya tetapi tantangan yang dihadapi sangat besar.  

BACA JUGA:Bisnis Inspirasi, Siung-siung Cari Pengalaman mulai dari Hongkong, Prancis, hingga Mesir

 

 

Murid pertamanya adalah siswa kelas 2 SMP. Anak ini luar biasa, dia juara satu paling akhir, semua nilai di raportnya merah, hanya dua bidang studi yang biru. Guru di sekolah pun memvonis dia bakal tidak naik. Orangtuanya menceritakan sejak lulus SD, kemauan belajar dan prestasi di sekolah terus turun, mereka menjadi malu jika harus bertemu sanak keluarga dan teman-temannya yang sukses dan berhasil.

Bukan menolak, Johannes  menganggap ini tantangan yang luar biasa. Namun pikirannya berkecamuk. Kalau ternyata nanti anak didiknya tak lulus, akan menjadi catatan buruk.

Apalagi ini siswa pertamanya. Johannes  pun mengambil peluang itu.  Bila berhasil akan berdampak luar biasa. Dengan kesepakatan dibayar Rp 25 ribu untuk satu kali pertemuan, Johannes  memulai kerjanya. Dalam seminggu ia mengajar tiga kali.

Langkah pertama yang Johannes  lakukan adalah berdialog dengan anak didiknya. Ia mengorek informasi mengapa sampai merosot. Sebab, dulunya anak itu pintar dan selalu menjadi juara kelas. Setelah itu, Johannes  pun berkomunikasi dengan orangtua si anak. Ternyata penyebabnya si anak protes dengan kesibukan kedua orangtuanya.

BACA JUGA:Inspirasi Bisnis, Eddy Ganefo, Pengembang Nasional asal Sumsel yang Pernah Dagang Ayam

 

Pola komunikasi yang dilakukan Johannes  mendapat respons positif. Kedua orangtua anak didiknya berjanji akan meluangkan waktu lebih banyak lagi.   

Sumber: