Kesepakatan Menkeu Sri Mulyani dengan Menkeu Shun'ichi Suzuki, Jepang Dukung Percepatan Transisi Energi

Kesepakatan Menkeu Sri Mulyani dengan Menkeu Shun'ichi Suzuki, Jepang Dukung Percepatan Transisi Energi

Suasana pertemuan antar Menkeu Srimulyani Indrawati dengan Menkeu Jepang Shun'ichi Suzuki. Jepang komitmen dukung Transisi Energi. -- -- humas kemenkeu

JAKARTA, RADARPALEMBANG.COM – Menteri Keungan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati melakukan pertemuan bilateral dengan Menkeu Jepang Shun'ichi Suzuki di Tokyo. 

Hasil dari pertemuan itu melahirkan kesepakatan, Jepang akan mendukung penuh kepada Indonesia tentang percepatan transisi energi yang sedang diupayakan pemerintah. 

Dialog Sri Mulyani dengan Shun'ichi Suzuki berlangsung pada Senin, 13 Februari 2023 waktu setempat menjelang pertemuan Konferensi Joint Conference IMF-JICA.  

Konferensi itu dihadiri oleh para Gubernur Bank Cantral dan Menteri Keuangan negara-negara di Asia dan Pasific. 

BACA JUGA:Empat Strategi Pemerintah Menghadapi Tren Ekonomi Dunia, Sri Mulyani Beberkan Fokus Kebijakan Ekonomi 2023

Menurut Sri Mulyani, Menkeu Jepang Shun'ichi Suzuki mendukung penuh skema mekanisme transisi energi yang sedang berlangsung di Indonesia. Skema yang sedang dijalankan akan mempercepat terjadinya transisi energi bersih. 

‘’Dukungan Jepang terhadap percepatan transisi energi bersih di Indonesia adalah berita bagus dan positif. Kita butuh dukungan mewujudkan energi bersih  dari negara-negara lain di dunia, termasuk Jepang’’ujar Sri Mulyani sebagai mengutip dari laman kemenkeu.go.id

BACA JUGA:Pelaksanaan Program Privatisasi Lima BUMN, Menkeu Sri Mulyani Pastikan Segera Right Issue

Transisi energi  merupakan bagian dari upaya dari negara di dunia dalam mengatasi dampak perubahan iklim. Perubahan iklim yang sedang terjadi dan membawa perubahan di semua lini kehidupan. Ini juga akan memengaruhi investasi yang berkelanjutan

Pertemuan dialog  antara Srimulyani dan Menkeu Jepang  Jepang Shun'ichi Suzuki juga membahas isu ekonomi global. Mereka terlibat pembicaraan yang sangat intens.

’Kita saling bicara mengenai risiko ekonomi global yang harus dihadapi. Dan yang terpenting ada peluang bagi kedua negara –Indonesia dan Jepang,’’ucap Sri Mulyani. 

BACA JUGA:Pada Pertemuan Menkeu dan Gubernur Bank Sentral G20, Sri Mulyani Pamer Strategi Investasi Berkelanjutan

Dalam dialog juga terungkap, baik Indonesia maupun Jepang sangat menghargai kebijakan masing-masing dalam mengatasi ketidakpastian global yang penuh tantangan.  Termasuk dalam ini kebijakan fiskal dan monter

Selama pertemuan dan dialog berlangsung, Menkeu Jepang Shun'ichi Suzuki, juga menyampaikan dukungannya terhadap  Indonesia yang menjadi Ketua Asean 2023. 

Sumber: