Perselingkuhan Meningkat, Sulitkah untuk Setia? Berikut Tips Pasangan Gak Bakal Selingkuh

Perselingkuhan Meningkat, Sulitkah untuk Setia? Berikut Tips Pasangan Gak Bakal Selingkuh

Kasus dugaan perselingkuhan yang dilakukan oleh ibu mertua dan menantu yang menjadi viral di media sosial pada awal tahun tadi.--disway.id

PALEMBANG, RADARPALEMBANG.COM - Kasus perselingkuhan terus meningkat akhir-akhir ini. Hampir setiap hari kita disuguhkan dengan berita-berita perselingkuhan di media sosial maupun layar televisi.

Baik itu dari masyarakat biasa hingga kalangan artis dan selebriti. Hubungan asmara yang adem ayem bukan jaminan bebas dari perselingkuhan.

Seperti perselingkuhan yang diduga dilakukan oleh ibu mertua dan menantu yang menjadi heboh setelah keduanya digerebek warga. Kisah ini pun viral dan menarik banyak perhatian warganet serta berbagai pihak lain.

Perempuan asal Serang, Banten, Norma Risma itu menghadapi kenyataan pahit lantaran suaminya, Rozy menjalin hubungan terlarang dengan ibu kandungnya sendiri.

BACA JUGA:Kisah Kelam Norma Risma Wanita Yang Nikahi Pria Selingkuhan Ibunya

Dengan kata lain, ini merupakan kasus suami selingkuh dengan mertua yang tak lain adalah ibu dari Norma Risma. 

Kriminolog Haniva Hasna, memberi tanggapan bahwa korban yang dirugikan bisa melaporkan kasus ini kepada polisi.

Pada dasarnya upaya hukum pidana adalah upaya terakhir (ultimum remidium) dalam penyelesaian suatu masalah.

"Apabila suatu perkara dapat diselesaikan melalui upaya lain seperti kekeluargaan, musyawarah, negosiasi dan mediasi, maupun perdata, maka hendaklah diselesaikan terlebih dahulu melalui jalur atau upaya-upaya lain tersebut,"kata Iva.

BACA JUGA:Inilah Sosok Ibunda Norma Risma Yang Tega Berselingkuh Dengan Menantunya

Namun, ujar Iva dikutip pada Health Liputan6.com, bila dikembalikan pada hukum yang berlaku, pihak yang dirugikan memang dapat melaporkan pasangannya yang terbukti selingkuh ke kepolisian. 

Jalur hukum bisa ditempuh Norma Rismala, sebab perselingkuhan termasuk pelanggaran pasal 284 ayat (1) KUHP dengan ancaman pidana selama 9 bulan. Namun, jika tidak melakukan pelaporan pun, hukuman sosial akan tetap diterima oleh pelaku.

Seperti juga dilansir pada RADARBANDUNG.id,  berdasarkan Data General Social Survey (GSS) menyebut sekitar 20 persen pria dan 13 persen wanita di Amerika Serikat mengakui pernah selingkuh saat mereka masih menikah.

Penyebabnya bahkan bisa saja tampak sepele dan tak pernah terpikirkan sebelumnya. Pasangan setia bakal menghindari perselingkuhan yang berawal dari sekadar “iseng” atau nostalgia membuka masa lalu. Semisal selingkuh online di media sosial.

BACA JUGA:Fakta Mantan Norma Risma Tak Hanya Selingkuhi Ibu Mertua

Media sosial adalah wadah ideal yang mungkin ingin menemukan “teman baru” atau mendekatkan diri lagi dengan mantan. Sebagian besar kasus perselingkuhan dipicu oleh hasrat untuk memenuhi kebutuhan fisik dan emosional yang tak bisa didapat dari pasangan resminya.

Nah, berikut tips agar pasangan nggak bakal selingkuh menurut psikolog klinis Alicia H. Clark :

1.  Saling memenuhi kebutuhan

BACA JUGA:Waspada, 4 Zodiak Pria Berikut Cenderung Suka Berselingkuh, Cek Sebelum Jadian

Tips menghindari selingkuh adalah dengan memastikan kebutuhan masing-masing saling terpenuhi.
Saling evaluasi satu sama lain bisa memperkuat ikatan batin kamu dan pasangan sehingga mencegah niat selingkuh.

Sisihkanlah waktu khusus untuk sesi curhat berdua agar bisa sama-sama tahu apa yang kurang dalam hubungan.

2. Menyempatkan untuk kontak fisik

Kontak fisik yang suram dapat mengobarkan niat selingkuh. Pasangan setia akan menyempatkan waktunya untuk berhubungan minimal 1 kali dalam 1 minggu.

Hubungan dapat mendorong reaksi kimia dalam otak yang meningkatkan rasa sayang, keterikatan dan kesetiaan antara pasangan.

Sumber: berbagai sumber