Dokter Inggris dan Belgia Beri Pelatihan Anestesi, akan ada Rekor MURI

Dokter Inggris dan Belgia Beri Pelatihan Anestesi, akan ada Rekor MURI

Gubernur Sumsel H. Herman Deru terus berupaya memperbanyak jumlah dokter anastesi di Sumatera Selatan (Sumsel). Karena itu, pula ia begitu mendukung penyelenggaraan 5th Annual Scientific Meeting of Indonesian Society of Intensivists Anesthesiologist (Inas-humas prov sumsel-

SUMSEL, RADARPALEMBANG.COM – Ketua Inasia (Indonesian Society of Intensivists Anesthesiologist) Faisal Muchtar, mengapresiasi para dokter anestesi yang telah bekerja keras menghadapi pasien kritis pada saat Covid-19.

Ke depan menurutnya tantangan  akan semakin banyak. Termasuk mengenai standar pelayanan tentang perawatan intensif di RS.   

"Dan RS nanti harus punya intensive care unit. Ini tantangan kedepan menyiapkan SDM dan lainnya demi memberikan pelayanan terbaik," jelasnya.    

Saat ini  menurutnya Inasia, tengah berupaya menyediakan  percepatan pelayanan intensif tersebut salah satunya dengan mendorong pendidikan sub spesialis pada para dokter anestesi agar mendapat bantuan beasiswa dari kementerian.   

BACA JUGA:Cara Gubernur Sumsel agar Rumah Sakit Tingkatkan Pelayanan, Ada Rewad dan Punishment

Gubernur Sumsel H. Herman Deru terus berupaya memperbanyak jumlah dokter anastesi di Sumatera Selatan (Sumsel). Karena itu, pula ia begitu mendukung penyelenggaraan 5th Annual Scientific Meeting of Indonesian Society of Intensivists Anesthesiologist (Inasia) di Hotel Aryaduta, Jumat, 3 Februari 2023.

Kegiatan ini sendiri diikuti tak kurang 400 peserta serta narasumber dari dalam maupun luar negeri seperti Belgia dan UK.    
Selain diisi dengan workshop, dalam rangkaian kegiatan tersebut, Inasia

juga akan mencatatkam rekor MURI dengan memberikan pelatihan Bantuan Hidup Dasar (BHD) dengan peserta terbanyak 3.000 orang pelajar di Indonesia.    

Pelatihan BHD ini nantinya melibatkan semua kalangan termasuk para pelajar terutama mereka yang aktif di Palang Merah Remaja (PMR).    
Selain membuka acara, Gubernur Herman Deru beserta rombongan juga melakukan peninjauan stand pameran.

BACA JUGA:Profil EdenFarm, Startup Agrikultur Berhasil Peroleh Pendanaan USD 13,5 juta dari TMI

Tak hanya mendukung acara tersebut, ia juga berupaya mendorong para dokter anastesi di Sumsel yang hendak mengambil sub spesialisasi anestesiologi.    

"Iya untuk mentrigger itu, saya akan  bersurat ke Menteri Pendidikan agar diadakan sub spesialis di Fakultas Kedokteran Unsri. Sehingga para dokter anestesi ini tidak harus keluar daerah atau keluar kota lagi untuk ambil sub spesialis," jelasnya.    

Dalam kesempatan itu Gubernur Sumsel Herman Deru juga mengaku sangat bangga karena Inasia menggelar acara nasional di Palembang, Sumsel. Selain diharapkan dapat menambah jumlah dokter anestesi di Sumsel, kegiatan ini juga diharapkannya akan berdampak pada peningkatan ekonomi sektor UMKM di Sumsel.    

"Terimakasih pada Inasia yang telah menghadirkan para dokter anestesi se-Indonesia untuk mengikuti seminar di disini. Ini suatu kehormatan bagi Sumsel sebagai tuan rumah. Dan mudah-mudahan dengan ini dokter anestesi akan terus bertambah jumlahnya di Sumsel," jelasnya.    

Sumber: