20 Daftar Objek Wisata Menarik di Palembang, OI dan OKI, Dari Budaya Hingga Keindahan Panorama Bawah Laut

20 Daftar Objek Wisata Menarik di Palembang, OI dan OKI, Dari Budaya Hingga Keindahan Panorama Bawah Laut

Keindahan objek wisata pantai dan panorama bawah laut, Pulau Maspari di Kabupaten OKI. ----travel --

Mengtutip dari Laman Indoneskaya.com, seorang peneliti Belanda Van der Hoop melaporkan,  salah wilayah di Nusantara  yang banyak ditemukan pemukiman zaman megalith adalah di Sumatra Selatan. 

3. Wisata Sejarah Situs Purbakala Bukitsiguntang

Cagar Budaya Bukitsiguntang  terletak di  kelurahan Bukit Lama, Kecamatan Ilir Barat I, Kota Palembang dan hanya tiga kilometer dari aliran Sungai Musi.  

Berkunjung ke situs perbakala ini, wisatawan diajak untuk napak tilas ke zaman-zaman purbakala. Pasalnya di sini banyak ditemukan peninggalan yang dikaitkan dengan Kerjaan Sriwijaya, sekitar Abad keenam dan tiga belas. 

BACA JUGA:5 Rekomendasi Wisata Edukasi di Kota Palembang, Yok Ajak Keluarga Kesini

Kawasan Bukitsiguntang menjadi cagar budaya dan pemerintah terus mempertahankan keasriannya. Tujuannya untuk menjaga agar artefak-artefak yang belum tergali  di kawasan itu.

Beberapa artefak yang ada di sini berisfat budhisme. Beberapa temuan artefak yang bersifat buddhisme menunjukkan tempat bahwa ini adalah salah satu kawasan pemujaan dan keagamaan kerajaan. Pada tahun 1920-an di lereng selatan bukit ini ditemukan 

Arca ini mengikuti langgam Amarawati yang berkembang di India Selatan abad II sampai V masehi.  Ini menunjukkan dalam keagamaan dan perdagangan Kerajaan Sriwijaya menjalin hubungan erat dengan India. Saat ini arca ini dipamerkan di halaman Museum Sultan Mahmud Badaruddin II, dekat Benteng Kuto Besak, Palembang.

4. Jembatan Ampera dan BKB

Jempatan Ampera adalah ikon Kota Palembang yang terbelah oleh Sungai Musi. Ampera menghubungan antara Palembang Ulu dan Ilir.  

Jembatan ini dirancang oleh Presiden Indonesia Pertama Soekarno.  Di kawasan Jembatan ini, juga ada plaza bernama Benteng Kuto Besak yang menghadap langsung ke Sungai Musi.  

BACA JUGA:Baksos Karyawan dan Majelis Taklim XL Axiata Bangun Jamban Sehat dan Wisata Hijau

Konstruksi Jembatan Ampera ini sangat. Meskipun termasuk jembatan tertua di Indonesia, sampai saat ini masih berdiri  kokoh.  Bagaimana bentuk konstruksinya jembatan Ampera, bisa dilihat di Sumeks.disway.id. 

Saat wisatawan berkunjung ke sini, selain bisa menikmati keindahan Ampera dan Sungai Musi juga bisa sekaligus napak tilas  ke masa lalu.  Pasalnya, di kawasan BKB ini juga terhadap Museum  dan Benteng Pertahanan kesultanan Palembang saat menghadapi gempuran tentara Belanda. 

Jembatan yang sempat menjadi jembatan terpanjang di Asia Tenggara ini memiliki panjang lebih dari 1000 meter, lebar 22 meter, dan tinggi 63 meter.

Sumber: