Sukseskan Indonesia Tuan Rumah G20, Tim Gabungan Siapkan Lahat Aman Dari Kahutla

Sukseskan Indonesia Tuan Rumah G20, Tim Gabungan Siapkan Lahat Aman Dari Kahutla

RADAR PALEMBANG - Tim gabungan dari TNI Kodim 0405, Polres dan Pemkab Lahat serta elemen masyarakat menggelar apel gabungan di halaman Makodim 0405 Lahat, Senin 18 Juli 2022.  Apel ini untuk kesiagaan agar Lahat aman dari Karhutla.

Bupati Lahat Cik Ujang SH didampingi Dandim 0405 Letkol Toni Oki Priyono,Sip menghimbau agar seluruh elemen masyarakat dapat mencegah dan melaporkan jika mengetahui ada titik api.

 ‘’Dari hasil analisis stasiun meteorologi memperkirakan musim kemarau tahun 2002 di Sumsel terjadi pada pertengahan Bulan Juli 2002 dan paling lambat terjadi pada awal bulan Agustus 2002,’’ujarnya.

BACA JUGA:PTBA Dukung Progam Dekarbonisasi, Pakai Kendaraan Listrik untuk Operasional Tambang

Puncak kemarau akan terjadi pada bulan Oktober dan Desember 2022 dengan suhu udara panas dan kering  yang dapat memicu kebakaran hutan dan lahan. Semua harus waspada agar Lahat aman dari Karhutla.

"Hal inilah yamg mendasari bahwa Karhutla harus diantisipasi bersama - sama sehingga asap yang ditimbul kan tidak membahaya kan masyarakat. Dengan adanya La Nina hingga bulan Juli ini kita merasakan masih turun hujan sehingga berdampak pada rendahnya kebakaran hutan dan lahan di Sumatera Selatan khususnya di kabupaten Lahat,"ujarnya.

Dia menjelaskan, apalagi dalam waktu dekat Indonesia akan menjadi tuan rumah G20 di Provinsi Bali, sehingga polusi udara akibat Karhutla akan mengganggu rapat tersebut. Pada acara itu sejumlah tokoh penting dunia akan hadir.

BACA JUGA:Sulap Lahan 5,5 Ha Jadi Kebun Jagung Kodim 0405 Lahat, Pemda Suport Program Antisiasi Krisis Pangan

"Melalui apel siaga ini saya berharap dapat mewujudkan momentum kesadaran dan upaya bersama dalam rangka mengantisipasi dan meminimalisir terjadinya karhutbunla. Mari bersama kita dukung pemerintah RI dan jangan sampai Mang Biden dan mang Putin batal ke Indonesia gara-gara ada Karhutla,"imbuhnya disambut tawa dan tepuk tangan peserta apel.

Sementara itu, Komandan Kodim 0405/Lahat Letkol inf Toni Oki Priyono SIP menyampaikan, Apel gelar pasukan dan perlengkapan dalam rangka siaga darurat bencana alam seperti karhutla, banjir, tanah longsor dan angin puting beliung.

Apel bertujuan untuk kesiapsiagaan dalam penanggulangan bencana. juga untuk membangun sinergi, satuan pelaksanaan penanggulangan bencana alam khususnya di wilayah Kodim 0405/Lahat.

 ‘’Kita harap harap adanya kegiatan seperti ini antisipasi bencana sekecil apapun dapat diminimalisir bersama. Apalagi tidak hanya kesiapan Personil melainkan peralatan serta alat pemadam juga dicek agar selalu siap menghadapi semgala ancaman,’’pungkasnya. (man)

 

 

Sumber: