Catat! 5 Tahapan Memulai Bisnis Agar Lebih Cuan, Sangat Berguna Untuk yang Baru Merintis

Senin 04-12-2023,06:27 WIB
Reporter : Yorika Izati
Editor : Maulana Muhammad

4. Perhitungan Keuangan

Pada tahap ini para pebisnis mulai memikirkan strategi jangka panjang, dimana harus merencanakan keuangan karena hal tersebut merupakan hal yang terpenting agar bisnis tersebut bertahan.

Setiap bisnis memiliki rencana keuangan misalnya sebuah usaha konvensional tentu rencana keuangannya akan berbeda dengan yang ingin membuat startup digital tapi.

Namun  apapun bentuk bisnisnya yang terpenting dalam perencanaan keuangan adalah menjaga cashflow. Apalagi untuk bisnis konvensional tentunya akan berusaha agar bisa mencapai cashflow yang positif setiap bulan-nya.

Tapi jika untuk startup digital tidak harus langsung mencapai cashflow yang positif tetapi juga harus tetap menjaga cashflow. Semuanya  sesuai dengan rencana  pebisnis tersebut agar usaha yang dirintis dapat bertahan.

BACA JUGA:Cara Gampang Dapetin Puluhan Juta dari Fiverr, Ide Bisnis Tanpa Modal, Kerja dari Rumah Hasilkan Cuan Besar

5. Ciptakan Keunikan Produk

Buatlah brand bisnis yang baru dimulai yang memiliki sisi keunikan dan sesuatu yang berbeda gitu. Hal ini dilakukan agar tidak ada orang lain yang bisa meniru.

Dan hal ini akan membuat konsumen melakukan pembelian terhadap produk atau jasa yang dirasa memiliki perbedaan dengan toko lainnya.

Hal ini juga disebut dengan competitive advantages atau keunggulan yang unik. Yang terpenting adalah produk atau jasa tersebut memiliki hal yang berbeda jika dibandingkan dengan produk toko yang lain.

Pemula bisnis harus memiliki hal unik dan berbeda yang mana keunggulan produk atau jasa tersebut tidak mudah ditiru sama pebisnis lain.

 

Kategori :