Catat! 5 Tahapan Memulai Bisnis Agar Lebih Cuan, Sangat Berguna Untuk yang Baru Merintis

Senin 04-12-2023,06:27 WIB
Reporter : Yorika Izati
Editor : Maulana Muhammad

2. Tentukan Target Konsumen

Menganal siapa target konsumen merupakan tahap penting yang menjadi fondasi brand dan produk, contohnya ketika penjual mengetahui terget konsumennya maka cara packingnya tentu saja berbeda setiap konsumen.

BACA JUGA:6 Ide Bisnis yang Gak Ada Matinya, Jangan Bingung Lagi Yok Mulai Usahanya!

Diman ketika mengetahui seiapa target penjualan maka cara komunikasi penjualan tentu saja berbeda, contohnya membuat produk untuk kelas menengah atas atau menengah bawah akan berbeda sensitivitas harganya.

3. Utamakan Kepuasan Konsumen

Dimana sebagai pemula bisnis yang baru merintis harus fokus untuk  segala cara agar membuat konsumen merasa senang dan puas dengan produk atau jasa yang ditawarkan.

Hal ini memang terkesan sederhana, namun ini adalah tahap yang terpenting dalam sebuah bisnis. Meskipun bisnis tersebut dalam skala menengah, skala kecil, atau bahkan skala mikro.

Contohnya ketika membuka warung makan buatlah konsumen merasa puas dengan disediakan tempat yang bersih nyaman, dan menunya yang lengkap serta semuanya tersedia. 

Dimana makanannya cepat disajikan dengan rasa yang enak dan ketika konsumen akan melakukan pembayaran juga tersedia begitu opsi pembayaran yang lengkap.

BACA JUGA:7 Ide Bisnis di Pedesaan, Modal Sedikit, Belum Banyak Saingan, dan Dijamin Cuan Besar

Sama halnya dengan online shop, dimana juga harus fokus terhadap kepuasan konsumen dalam berbelanja. 

Contohnya memberikan detai produk agar konsumen dapat melihat dan membaca keterangan produk dengan jelas, respon yang cepat saat membalas chat dari konsumen, opsi pengiriman yang lengkap, barangnya cepat sampai packingnya rapih dan aman.

Serta tidaknya cacat terhadap barang tersebut dan memberikan bonus merchandise. Merancang user experience yang baik dan membuat konsumen merasa puas tidak segampang yang dibayangkan.

Oleh sebab itu fokus pada kepuasan konsumen adalah tahap terpenting di dalam sebuah bisnis sebelum fokus terhadap hal-hal lain.

Untuk para pemula yang baru merintis bisnis jangan pernah berhenti untuk terus berpikir cara membuat konsumen senang.

BACA JUGA:5 Ide Bisnis Kekinian, Cocok Buat Anak Sekolah, Modal Minim Bisa Dikerjakan dari Rumah

Kategori :