Kabut Tebal Ganggu Penerbangan di SMB II, Jarak Pandang Hanya 800 Meter

Kabut Tebal Ganggu Penerbangan di SMB II, Jarak Pandang Hanya 800 Meter

Kabut tebal yang terjadi di Sumsel megakibatkan terganggunya sejumlah penerbangan di Bandara SMB II Palembang--antara foto

PALEMBANG, RADARPALEMBANG.ID - Kabut tebal yang terjadi di Sumatera Selatan (Sumsel) megakibatkan terganggunya sejumlah penerbangan di Bandara Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II Palembang.

Terganggungunya sejumlah penerabngan di Bandara SMB II Palembang akibat kabut tebal yang terjasi pada Senin, 14 Oktober 2024 mengakibatkan ratusan penumpang mengalami penundaan keberangkatan.

"Betul, penerbangan di Bandara SMB II tadi pagi terganggu tebalnya kabut. Jarak pandang terbatas sehingga membuat penerbangan terpaksa ditunda beberapa jam," ujar GM Bandara SMB II, Iwan Winahya Mahdar, Senin, 14 Oktober 2024.

Iwan mengungkapkan terjadinya penundaan penerbangan tersebut dikarenakan jarak pandang yang minim, dan dapat membahayakan bagi penerbangan.

BACA JUGA:BPS Sumsel Beberkan Debarkasi Internasional Melalui Bandara SMB II di Juli 2024 Naik 126 Persen, Ini Alasannya

BACA JUGA:Mulai Oktober Bandara SMB II Buka 2 Rute Baru Tujuan Denpasar dan Makassar

"Jarak pandang tadi pagi di bawah 800 meter (batas aman). Jadi ada empat maskapai yang terganggu, kita belum mendata berapa banyak penumpang yang terkendala penundaan terbang," kata Iwan. 

Adapun beberapa jadwal penerbangan yang mengalami penundaan akibat adanya kabut tebal yakni : keberangkatan dari SMB II menuju Cengkareng Banten dua penerbangan.

Kemudian ke Bandara Halim Perdana Kusuma Jakarta dan Bandara Hang Nadim Batam.

Sementara itu Kepala Stasiun Klimatologi SMB II Palembang, Siswanto menyebut, kabut yang terjadi pada Senin terjadi selama 3 jam pada pukul 04.00 WIB-07.00 WIB.

Kabut tebal itu merupakan kondisi yang biasa terjadi saat pancaroba atau musim peralihan.

BACA JUGA:APRI Sumsel Resmi Dikukuhkan, Siap Sukseskan Pornas di NTB Tahun Depan

BACA JUGA:Jadi Lokasi Wisata Baru di Palembang, Tower Jembatan Ampera Dibuka Saat Tahun Baru 2025

"Kabut biasanya berlangsung 1-2 jam. Namun bisa lebih lama tergantung penyinaran matahari, kalau suhunya sudah mulai naik perlahan-lahan fog akan hilang.

Sumber: