Kamu harus Tau, Sparepart ini Harus Diganti saat Rusak, Tidak Bisa Diakali

Kamu harus Tau, Sparepart ini Harus Diganti saat Rusak, Tidak Bisa Diakali

Dengan melakukan perawatan yang tepat dan mengganti sparepart yang rusak, kamu dapat menikmati pengalaman berkendara yang aman dan nyaman.-suzuki indonesia -

Rantai dan sprocket adalah komponen yang mentransfer tenaga dari mesin ke roda belakang, terutama pada motor non-matic. Kerusakan pada rantai bisa berupa keausan, karat, atau kendur. Sedangkan sprocket yang rusak biasanya karena gigi yang aus atau patah.

Sparepart motor yang rusak bisa menyebabkan rantai lepas saat berkendara dan sangat berbahaya. Ketika rantai atau sprocket sudah menunjukkan tanda-tanda keausan, penting untuk segera menggantinya. Perbaikan seperti mengencangkan rantai yang kendur hanya solusi sementara dan tidak efektif dalam jangka panjang.

BACA JUGA:6 Tips Praktis Rem Aman, Hindari Bahaya Kurangi Risiko Kecelakaan

7. Filter Udara

Filter udara berfungsi untuk menyaring debu dan kotoran agar tidak masuk ke dalam ruang bakar mesin. Oleh karena itu, filter udara yang kotor atau rusak bisa mengganggu aliran udara ke mesin. Hal ini dapat menyebabkan pembakaran yang tidak sempurna, dan mengurangi efisiensi bahan bakar.

Untuk itu, sebaiknya ganti filter udara yang sudah terlalu kotor atau rusak. Sebab komponen ini tidak bisa dibersihkan dengan maksimal. Mengganti filter udara yang rusak sangat penting untuk menjaga performa mesin dan efisiensi bahan bakar.

8. Kabel Kopling

BACA JUGA:5 Tips Jitu Pilih Mobil Baru di Pameran Otomotif, Ikuti Panduan Berikut Ini

Pada motor manual, kabel kopling sangat penting untuk mengoperasikan kopling yang menghubungkan dan memutus aliran tenaga dari mesin ke roda belakang. Kabel kopling yang rusak biasanya menimbulkan gejala seperti kopling yang terasa berat atau tidak bisa digunakan sama sekali.

Komponen ini jika rusak seperti serat yang putus atau aus, tidak bisa diperbaiki. Sebaiknya segera mengganti kabel kopling yang rusak, untuk memastikan perpindahan gigi yang mulus dan aman.

9. Lampu dan Sistem Kelistrikan

Lampu depan, lampu belakang, dan lampu sein adalah komponen penting untuk keamanan berkendara. Terutama saat Anda berkendara pada malam hari atau kondisi cuaca buruk. Jika salah satu lampu rusak, maka dapat mengurangi visibilitas dan meningkatkan risiko kecelakaan.

BACA JUGA:Tips Kabin Mobil Cepat Netral di Cuaca Panas, Bikin Berkendara Lebih Nyaman

Tentu saja sparepart motor yang satu ini jika rusak tidak bisa diperbaiki secara efektif. Anda harus menggantinya dengan yang baru. Apabila tidak segera diganti, maka visibilitas saat berkendara akan terganggu.

 

Sumber: