Kamu harus Tau, Sparepart ini Harus Diganti saat Rusak, Tidak Bisa Diakali

Kamu harus Tau, Sparepart ini Harus Diganti saat Rusak, Tidak Bisa Diakali

Dengan melakukan perawatan yang tepat dan mengganti sparepart yang rusak, kamu dapat menikmati pengalaman berkendara yang aman dan nyaman.-suzuki indonesia -

PALEMBANG, RADARPALEMBANG.ID - Mengganti komponen motor yang rusak adalah langkah penting untuk menjaga performa dan keamanan kendaraan. komponen-komponen tersebut adalah contoh sparepart yang tidak bisa diakali jika rusak dan harus segera diganti. 

Mengabaikan kerusakan pada sparepart motor ini tidak hanya bisa merusak motor, tetapi juga meningkatkan risiko kecelakaan. Dengan melakukan perawatan yang tepat dan mengganti sparepart yang rusak, kamu dapat menikmati pengalaman berkendara yang aman dan nyaman.

Motor merupakan kendaraan yang menjadi andalan banyak orang untuk menunjang aktivitas sehari-hari. Seiring dengan penggunaannya, komponen-komponen motor atau yang biasa disebut sparepart akan mengalami kerusakan atau keausan. Ada beberapa sparepart motor yang ketika rusak, tidak bisa diperbaiki atau diakali.

Kamu harus segera mengganti sparepart ini untuk menjaga performa motor dan keamanan saat berkendara. Artikel ini akan mengulas berbagai sparepart pada motor yang perlu Anda ganti dengan segera jika mengalami kerusakan. Berikut penjelasannya seperti dikutip dari suzuki indonesia.

BACA JUGA:Simak Yuk! Tips Memilih Mobil Pertama untuk Pasangan Baru, Nomor Lima Jadi Poin Penting

Sparepart Motor yang Wajib Diganti Saat Rusak

Beberapa bengkel biasanya mengakali atau memperbaiki komponen pada motor yang rusak. Hal ini untuk menghemat budget perbaikan motor, jika harus membeli sparepart yang baru.

Namun tahukah kamu  jika ada komponen pada motor yang wajib diganti jika rusak? Sebab, komponen ini tidak bisa diperbaiki atau diakali. Berikut di antaranya:

1. Busi

Busi adalah komponen vital dalam sistem pembakaran mesin motor. Fungsinya adalah untuk memicu percikan api yang membakar campuran udara dan bahan bakar di ruang bakar. 

BACA JUGA:Berikut Tips Nyaman Berkendara Saat Cuaca Panas, Begini Caranya

Ketika busi mengalami kerusakan, misalnya karena elektroda aus, keretakan pada insulator, atau kotoran berlebihan akibat karbon, maka busi tidak akan berfungsi dengan baik. Kerusakan pada busi bisa menyebabkan motor sulit dihidupkan, mesin tersendat-sendat, atau bahkan mogok.

Busi yang rusak atau sudah terlalu aus tidak bisa diperbaiki. Upaya seperti membersihkan busi hanya memberikan efek sementara dan tidak menjamin performa optimal. Oleh karena itu, jika busi menunjukkan tanda-tanda kerusakan, lebih baik segera diganti untuk mencegah masalah lebih lanjut.

2. Kampas Rem

Sumber: