PKKMB 2024, UBD Siapkan Mahasiswa Unggul Hadapi Era Teknologi

PKKMB  2024, UBD Siapkan Mahasiswa Unggul Hadapi Era Teknologi

Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) Universitas Bina Darma 2024 berlangsung sukses dan meriah. -dok ubd-

PALEMBANG, RADARPALEMBANG.ID – Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) Universitas Bina Darma 2024 berlangsung sukses dan meriah. 

Kegiatan PKKMB berlangsung selama 3 hari. Hari pertama, pada tanggal 2 September 2024 diselenggarakan di lapangan kampus Universitas Bina Darma Gedung Prof. Bochari Rachman I. Lalu dilanjutkan tanggal 3 dan 4 September 2024.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Nadiem Anwar Makarim, yang hadir memberikan sambutan melalui rekaman video, mengatakan mahasiswa tak hanya mendalami disiplin ilmu, tapi juga menguasai kompetensi di luar pendidikan seperti komunikasi, kepemimpinan, dan penyelesaian masalah. 

“Melalui Program Merdeka Belajar, mahasiswa memiliki hak belajar di luar kampus hingga maksimal dua semester,”  kata Nadiem dalam keterangan tertulis, Senin, 2 September 2024.

BACA JUGA:UBD Terus Fasilitasi Mahasiswa, Kini Lebih Mudah Akses Buku Digital

Tingkat Fakultas dibagi menjadi dua sesi, 3 September 2024 Fakultas Sains Teknologi (FST) dan Fakultas Vokasi, lalu dilanjutkan 4 September 2023 untuk Fakultas Sosial Humaniora.

Hadir pada kegiatan PKKMB UBD 2024, Rektor Universitas Bina Darma Prof. Dr. Sunda Ariana, M.Pd., M.M, M. Izman Herdiansyah, S.T., M.M., Ph.D. Wakil Rektor Bidang Akademik, Dr. Yanti Pasmawati, S.T., M.T. Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Alumni, dan Kerjasama, dan Ria Andryani, M.M, M.Kom. Wakil Rektor Bidang SDM.

Hadir pula Dr. Edi Surya Negara, M.Kom. Wakil Rektor Bidang Riset, Teknologi dan Inovasi, Ade Kemala Jaya, S.E., M.Acc., Ak., CA, Wakil Rektor Bidang Keuangan dan Umum, seluruh Kaprodi dan pimpinan Universitas Bina Darma, serta Kepala LLDIKTI Wilayah II Prof. Dr. Ishaq Iskandar, M.Sc.

Tak ketinggalan turut hadir, Pangdam II Sriwijaya, Mayor Jendral TNI M. Naudi Nurdika, S.I.P, M.Si., M.Tr (Han), Kepala Badan Narkotika Narkoba (BNN) Provinsi Sumatera Selatan, yang diwakili oleh Ika Wahyu Hindaryati, SKM M.Si, Pembina Utama Madya IV.d Katim Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat BNNP Sumsel.

BACA JUGA:UBD Gandeng Universitas Diponegoro Gelar Workshop Sebagai Tantangan Dalam Penelitian

Dalam sambutannya, Prof. Dr. Sunda Ariana, M.Pd., M.M memberikan motivasi untuk para mahasiswa baru tahun 2024. 

“Universitas Bina Darma mempunyai visi ‘Menjadi Universitas yang Berstandar Internasional dan Berbasis Teknologi Informasi’ dengan misinya menghasilkan sarjana yang cerdas, profesional dan berkarakter. Oleh karena itu hadapilah perkuliahan secara cerdas dengan menjaga standar akademis yang tinggi, dan mampu memberikan berkarya kreatif dan teknologi informasi,” ujarnya.

Ketua Panitia PKKMB UBD 2024, Dr. Arif Hidayat, M.Pd., menjelaskan,  tema tahun ini menjadikan mahasiswa lebih unggul berkarakter menghadapi era teknologi.

Selain itu, tema yang digunakan saat ini "Generasi Muda Unggul Berkarakter Menghadapi Era Society 5.0." karena kegiatan PKKMB menjadi langkah awal yang baru untuk para mahasiswa baru di jenjang pendidikan yang lebih tinggi di era teknologi saat ini.

Sumber: