Digital Kito Galo 2024, BI Sumsel Resmikan Beli Tiket LRT Sumatera Selatan Bisa Pakai QRIS

Digital Kito Galo 2024, BI Sumsel Resmikan Beli Tiket LRT Sumatera Selatan Bisa Pakai QRIS

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sumatera Selatan, Ricky P. Gozali dan Penjabat Gubernur Sumatera Selatan, Elen Setiadi saat launching QRIS pembayaran beli tiket LRT Sumatera Selatan.-Bank Indonesia Perwakilan Sumatera Selatan -

Kegiatan yang diselenggarakan mulai tanggal 23 sampai dengan 25 Agustus 2024 ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman sekaligus mendorong perluasan akseptansi masyarakat terhadap digitalisasi sistem pembayaran. 

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sumatera Selatan (BI Sumsel), Ricky P. Gozali, menyampaikan percepatan pergerakan roda ekonomi ritel yang mendukung pertumbuhan ekonomi Sumatera Selatan tidak terlepas dari akselerasi sistem pembayaran digital salah satunya QRIS. 

BACA JUGA:Perluasan Transaksi Keuangan Digital, BI Sumsel Targetkan 27 Juta Transaksi QRIS di 2024

BACA JUGA:Gelar TP2DD, BI Sumsel Ingatkan Peran Belanja Daerah dan Digitalisasi Bentuk Pertumbuhan Ekonomi Sumsel

"QRIS adalah game changer, tampilan QRIS yang seragam, memudahkan masyarakat untuk langsung mengenali metode pembayaran menggunakan QR,"ungkap dia.

"QRIS juga sangat fleksibel untuk ditampilkan di berbagai media, seperti lanyard, akrilik, struk yang dicetak, bahkan dapat pula dikirimkan dalam bentuk gambar melalui aplikasi percakapan seperti Whatsapp kepada pembeli tanpa tatap muka," jelas Ricky.

Selain peresmian QRIS LRT Sumatera Selatan, turut dilaksanakan pula Penandatangan Komitmen Mall S.I.A.P. QRIS (Mall Sehat Inovatif Aman Aman Pakai QRIS) oleh Ketua Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APBBI) pada Jumat 16 Agustus 2024 lalu sebagai rangkaian pre-event  Digital Kito Galo 2024. 

Hal ini diharapkan dapat terus mendorong preferensi masyarakat untuk menggunakan QRIS yang hingga saat ini masih terus menunjukkan tren peningkatan, baik dari sisi merchant maupun pengguna. 

BACA JUGA:Pasar Murah BI Sumsel dan Pemkot Palembang, Kolaborasi Bersama Kendalikan Inflasi

BACA JUGA:HLM Bersama TPID, BI Sumsel Ingatkan Inflasi karena Pengaruh Musim Hujan, Idul Adha dan Libur Sekolah

BI Sumsel mencatat perkembangan jumlah merchant dan user (pengguna) di Sumatera Selatan yang hingga saat ini telah menyentuh lebih dari 844 ribu merchant dan 1,35 juta pengguna.

Jumlah tersebut menjadikan Sumatera Selatan menduduki peringkat ke-2 dengan jumlah merchant dan user QRIS terbanyak di wilayah Sumatera. 

Sumber: