Perluasan Transaksi Keuangan Digital, BI Sumsel Targetkan 27 Juta Transaksi QRIS di 2024

Perluasan Transaksi Keuangan Digital, BI Sumsel Targetkan 27 Juta Transaksi QRIS di 2024

Kepala BI Sumsel, Ricky P Ghozali usai kegiatan Kick Off QRIS Jelajah Sumsel, bagian peningkatan dan perluasan transaksi keuangan digital pada tahun 2024 ini. --

PALEMBANG, RADARPALEMBANG.COM - Kantor Bank Indonesia Perwakilan Sumatera Selatan (BI Sumsel) menargetkan peningkatan dan perluasan transaksi keuangan digital pada tahun 2024 ini. 

"Target kita untuk peningkatan transaksi digital pada tahun ini,"kata Kepala BI Sumsel, Ricky P Ghozali usai kegiatan Kick Off QRIS Jelajah Sumsel, Kamis 11 Juli 2024.

Secara angka, target peningkatan transaksi digital pada tahun ini (2024) nyaris dua kali lipat dibandingkan pencapaian sepanjang 2023 lalu.

Diketahui, target Bank Indonesia Sumsel dalam digitalisasi ekonomi pada 2023 melebihi target di angka 13,4 juta transaksi sistem cashless dengan tambahan 495 ribu pengguna QRIS hingga akhir tahun lalu.

BACA JUGA:Gelar TP2DD, BI Sumsel Ingatkan Peran Belanja Daerah dan Digitalisasi Bentuk Pertumbuhan Ekonomi Sumsel

Untuk tahun ini, Kantor Bank Indonesia Perwakilan Sumatera Selatan (BI Sumsel) juga optimis peningkatan dan perluasan transaksi keuangan digital pada tahun 2024 ini. 

"Targetnya yakni sebanyak 27 juta transaksi non tunai dengan menggunakan Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS),"jelas Ricky P Ghozali.

Ricky menuturkan untuk transaksi keuangan digital di Indonesia sudah ditetapkan di setiap provinsi yakni 75 juta pengguna baru kumulatif. 

Pada tahun 2023, target Kantor Bank Indonesia Perwakilan Sumatera Selatan (BI Sumsel) dalam digitalisasi ekonomi melebihi target yakni di angka 13,4 juta transaksi cashless.

BACA JUGA:Pasar Murah BI Sumsel dan Pemkot Palembang, Kolaborasi Bersama Kendalikan Inflasi

"Ada tambahan 495 ribu pengguna QRIS hingga akhir tahun. Alhamdullilah tahun lalu penggunaan transaksi digital melebihi target," tuturnya.

Untuk meningkatkan penyerapan digitalisasi ekonomi daerah, Kantor Bank Indonesia Perwakilan Sumatera Selatan (BI Sumsel) mengupayakan peningkatan digitalilasi ekonomi.

Diantaranya melalui program Digital Galo dan menyeleksi duta QRIS lewat kegiatan QRIS Jelajah Sumsel.

Peningkatan digitalisasi merupakan fokus Kantor Bank Indonesia Perwakilan Sumatera Selatan (BI Sumsel) untuk pertumbuhan ekonomi.

Sumber: